Menampilkan Tema Tersembunyi Windows 7

Bagi yang suka utak-atik komputernya atau yang sekedar ingin menemukan harta karun didalam operasi sistem, mungkin artikel ini bisa dijadikan peta harta karunnya. Yups peta harta karun untuk menemukan beberapa tema tersembunyi didalam Windows 7. Ternyata Windows 7 juga punya misteri didalamnya.

Oke langsung aja kita temukan peti harta karun itu :

1. Bukalah Windows Explorer, entah sadar atau tidak sadar kita sering sekali membuka aplikasi ini. Masih gak tau juga apa itu Windows Explorer...?, baiklah ini screenshoot-nya. Jika sudah tau silahkan klik Organize > Folder and Search Options.

Image 1: Windows Explorer

2. Pada jendela yang muncul dan berada pada posisi di tab View, hilangkanlah centang Hide Protected Operating System Files (Recommended) untuk sementara waktu, lalu tekan OK.

Image 2: Folder Options

3. Jika tidak ada masalah maka akan muncul folder yang bernama MCT di direktori C:\Windows\Globalization. Buka aja folder tersebut, didalamnya terdapat lima buah folder yang masing-masing berisi tema tersembunyi.

Image 3: MCT Folder

4. Untuk mengaktifkan tema tersembunyi tersebut, masuk kesalah satu folder misalnya MCT-ZA, kemudian masuk ke folder Theme. Lalu double click pada file ZA.Theme. Tunggu beberapa saat hingga thema tersembunyi menjadi aktif.

Image 4: Personalize Desktop

5. Cek pada pengaturan tampilan desktop, maka kita akan melihat thema baru telah masuk dalam daftar.

Sekian semoga bermanfaat dan misteri telah terungkap. Hahahaha..., dan kembalikan centang pada Hide Protected Operating System Files (Recommended) pada Folder Options jika diinginkan.

Source: PC Mild Edisi 22/2010
Thanks for your comment