Mengenal Marquee Dasar (Text Berjalan) Part I

Membuat Teks Berjalan pada blog merupakan suatu kesenangan tersendiri. Teks berjalan biasa digunakan untuk menyajikan sebuah informasi singkat dengan cara yang berbeda. Informasi itu bisa merupakan introduction (pengenalan), greeting (sapaan), advertisment (iklan), atau dipakai untuk news update (berita terkini), dll.

Lalu bagaimana cara membikin teks berjalan itu pada blog yg kita punyai agar bisa menampilkan beberapa informasi layaknya Headline News seperti di televisi...? :D

Untuk itu kita akan membahas tentang marquee, code dasar marquee (teks berjalan) adalah sebagai berikut:

<marquee>Text Here, You can put your idea here</marquee>

Hasil dari code diatas akan menjadi seperti dibawah ini

Text Here, You can put your idea here

Dari code marquee dasar tersebut kita bisa memodifikasinya menjadi lebih menarik. Misalnya dalam hal ukuran, bentuk huruf, warna dan bagaimana perilaku teks itu berjalan, dll.

Berikut turunan (kita sebut saja seperti itu) dari code marquee:

1. Menambahkan Background Color



Hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini. Agar lebih mudah dalam menentukan warna, kita dapat menggunakan aplikasi kecil bernama Color Picker. Untuk menuju Color Picker dapat Klik Disini

Background Color Set to Blue


2. Menambahkan Title Saat Kursor Melewati Teks



Coba arahkan kursor pada teks berjalan dibawah ini, maka kita akan dapat melihat ada sebuah pesan yang muncul yaitu dalam contoh ini pesannya adalah Merah Putih

Menambahkan Title saat kursor melewati teks

3. Membuat Teks Berhenti Saat Dilewati Kursor Mouse



Code diatas berguna untuk menghentikan teks berjalan secara sesaat jika kursor mouse melewatinya dan akan kembali bergerak saat kursor mouse pergi darinya. Hasilnya dapat dilihat dibawah ini.

Teks Berhenti Saat Dilewati Kursor Mouse dan Berjalan Kembali Saat Kursor Telah Pergi

4. Mengatur Lebar Jalur Teks



Kita bisa mengatur lebar jalur yang akan dilewati teks dengan satuan persen (%) dalam contoh ini dipakai lebar 50%, jadi tampilannya setengah dari contoh-contoh yang sudah ada kalau diperhatikan dengan cermat.

Mengatur Lebar Jalur yang akan dilalui oleh Teks

5. Mengatur Tinggi Bidang Teks



Code ini biasanya dipakai berdampingan dengan code direction yang akan dijelaskan berikutnya, sehingga akan sangat jelas bagaimana fungsinya kalau "dijodohkan" dengan code direction.

Mengatur Tinggi Bidang Teks

6. Mengatur Arah Teks



Telah disebutkan diatas bahwa code direction akan mudah terlihat jika disandingkan dengan code height, untuk menentukan arah teks tersebut kita bisa mengubah nilainya seperti dibawah ini:

- up = Mengarah Keatas
- down = Mengarah Kebawah
- left = Mengarah Kekiri
- right = Mengarah Kekanan

Inilah hasilnya

Teks Mengarah Kebawah

7. Mengatur Kecepatan Teks



Disini kita bisa menggunakan angka bebas tanpa perlu memberikan satuan, misalnya pakai angka 15 atau 25. Semakin besar angkanya maka semakin cepat teks tersebut berjalan. Gunakan secara bijak angkanya agar mudah untuk dibaca jangan ngebut kayak mobil sport. Hahahaha...

Laju Teks Berjalan

8. Mengatur Delay Teks



Penulis agak rancu untuk menjelaskan apa makna delay dengan scrollamount. Menurut Penulis Delay berfungsi untuk mengatur jeda waktu antara teks berjalan lalu berhenti dalam waktu delay sebelum bergerak kembali, mungkin seperti itu penjelsan gampangnya. Untuk Delay sebesar 1 detik dapat memasukkan nilai 1000, untuk 2 detik nilainya 2000, dan seterusnya sesuai kebutuhan kita.

Mengatur Delay 1 Detik

9. Mengatur Tipe/Perilaku Teks



Sejauh ini baru tiga perilaku teks yang diketahui oleh Penulis yang bisa diisikan sebagai nilai pada code behavior ini, mungkin diluar sana masih banyak lagi ragamnya, nilai-nilai tersebut adalah:

- scroll = berulang kali menampilkan teks berjalan atau bisa dikatakan ini bentuk default dari marquee
- slide = hanya sekali bergerak terus teks berhenti diujung batas yang telah dibuat
- alternate = ini semacam bouncing atau memantul dari kanan ke kiri atau sebailknya

sebagai contoh jika kita mengisikan nilai behavior sebagai alternate, hasilnya seperti dibawah ini dan untuk nilai lainnya dapat dicoba sendiri:

Teks Terlihat Memantul

Mungkin cukup dulu pembahsan kita kali ini karna sudah terlalu panjang dan akan dilanjutkan ke Part II di artikel yang akan datang. Semoga bermanfaat.
Thanks for your comment