Mengatasi DVD-ROM Laptop Gak Detect

DVD-ROM No Detect
Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami kejadian seperti ini, dimana DVD-ROM yang ada dilaptop kita tidak bisa nge-detect. Ada dua macam masalah gak nge-detect tersebut yaitu :
  1. DVD-ROM tidak dibaca oleh system atau fisik drive tidak terbaca oleh BIOS
  2. DVD-ROM tidak bisa membaca data saat kita memasukkan DVD/CD
Terus gimana untuk mengatasi error seperti ini, agar data kita yang ada di DVD/CD bisa dibaca kembali...?, Oke berikut adalah cara-cara mengatasi masalah seperti ini :

A. Versi dari andhysukma.com

Menurut artikel dari website ini adalah dengan cara menekan secara perlahan/hati-hati fisik DVD-ROM itu kearah dalam (dalam keadaan laptop dimatikan), dengan asumsi bahwasannya slot konektor dari fisik DVD-ROM tersebut tidak terpasang dengan benar pada motherboard. Alasan yang dikemukakan cukup masuk akal yaitu kemungkinan selama ini pada saat pengoperasian telah terjadi getaran pada DVD-ROM tersebut, sehingga membuat konektor sedikit bergeser keluar pada motherboard laptop.

Menurut testimonial dari pengunjung situs tersebut yang pernah mempraktekkan cara diatas, hampir semua pengunjung berhasil dan merasa puas dengan cara diatas. Patut dicoba.

B. Versi dari eva-00.web.id

Menurut situs ini masalah terletak pada registry komputer yang tidak benar, padahal sudah berusaha dengan mengupdate driver dari DVD-ROM tersebut sebelumnya, namun DVD-ROM masih saja tidak nge-detect.

Berikut cara-cara memperbaiki registry komputer yang dikemukakan oleh situs ini baik pada OS Windows 7 maupun pada Windows XP, sangat disarankan untuk membackup terlebih dahulu registry komputer kita sebelum melakukan cara ini karna disini kita akan menghapus dua buah key (bagi yang belum tau gimana cara membackup registry Klik Disini, kecuali bagi yang nekat bisa langsung mempraktekkan langkah-langkah dibawah, haha) :
  1. Buka registry editor (Start > Run > Ketik regedit)
  2. Cari letak registry berikut HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}
  3. Pada kolom sebelah kanan delete dua buah key yaitu "UpperFilters" & "LowerFilters"
  4. Restart komputer/laptop kita
  5. Pemilik situs menyuruh kita berdo'a. Hahahahaha
Dari komentar yang diberikan pengunjung situs ini, tidak semuanya merasa puas karna ada beberapa yang pada saat mempraktekkan cara diatas, mereka tidak menemukan dua buah key yang dimaksud yaitu UpperFilters & LowerFilters tersebut. Masih patut dicoba daripada tidak melakukan usaha sama sekali.

C. Versi dari

111 komentar

Click here for komentar
June 20, 2013 at 8:10 PM ×

kak kalo pake yang cara B apa resikonya , biasanya kan kalau menghapus sesuatu daru regedit pasti ada resikonya besar mapun kecil >.< mohon bantuannya >.</

Reply
avatar
Unknown
admin
June 22, 2013 at 5:34 PM ×

Yups itu benar, makax registry kudu di backup dulu sehingga bisa di restore jk terjadi error..., tp Upperfilter ama Lowerfilter itu klo dihapus gk terlalu membuat sistem rusak sampai2 gk bs booting lg....

soalx pernah dipraktekin di laptop sendiri gk terlalu masalah..., klo gk berani ubek2 registry ya kudu didampingi ama temen yg lbh ngerti...., tp sekali lg penghapusan dua buah key tsb gk terlalu bermasalah pd sistem...

thanks semoga mmbantu

Reply
avatar
Nurko
admin
October 3, 2013 at 5:49 PM ×

Gan, sebelumnya saya mau makasih bgt buat postingan agan ini karena benar2 telah membantu saya. Saya barusan coba cara B dengan merubah Registry dan akhirnya cara ini 1000% berhasil buat saya gan, (sebelumnya saya backup registry dulu takut ada apa2)... Akhirnya DVD RW di laptop saya ke detect kembali dan bisa berjalan seperti semula, padahal tadinya saya mau beli DVD RW eksternal...

Reply
avatar
Unknown
admin
October 5, 2013 at 1:35 AM ×

@Nurkosim Iskandar, Alhamdulillah jikalau tutorial disini bs bermanfaat bagi sesama. Thanks jg udh berkunjung....

Reply
avatar
Unknown
admin
October 22, 2013 at 11:34 PM ×

Thanks gan, cara yang kedua bener bener work, thanks banget buat artikelnya, hampir aja mau banting banting laptop (y) :D

Reply
avatar
Unknown
admin
October 27, 2013 at 1:31 AM ×

@Dixie Turangga, hahaha jangan dibanting Gan, bnyk jln menuju Roma sebelum benar2 membuangnya ke bak sampah di Roma..., hahahaha

Reply
avatar
Unknown
admin
October 27, 2013 at 1:56 AM ×

gan d pc ana ga ada pilihan upper filter dan lower filter gmana tuh gan/

Reply
avatar
Unknown
admin
October 28, 2013 at 10:17 AM ×

gan setelah di regedit tuh gk ada upper dan lowerfiltrenya yg ada cm(default,class,classDesc,Enum PropPages,IconPath,Installer32,NoInstallClass,SilentInstall) di Insller32 datanya (storp.dll,DvdClassInstaller) dan di EnumPropPages datanya (storprop,dll,DvdPropPagesProvider)

Reply
avatar
Unknown
admin
October 29, 2013 at 7:13 AM ×

@Martino Sukananda, @Yuli Seno, pada registry komputer pengguna memang sebagian terdapat dua buah Key tersebut, ada jg yg tidak ada. Sudah dijelaskan didalam artikel dgn sangat jelas, mungkin Agan2 tdk membaca secara keseluruhan. :)

Solusi utk Agan berdua: Jika berani atau paham, coba gieh Agan2 cabut atau unplug fisik dari DVD-ROM tersebut dari komputer. Biasanya hanya memiliki sebuah mur kecil yang keberadaannya disekitar bawah laptop jika sudah dibuka penutup casing Harddisk dan RAM-nya. Perhatikan dengan seksama.

Setelah dicabut pasang kembali ketempatnya semula. Kemungkinan terjadi sedikit konslet pada slot DVD-ROM tsb. Semoga berhasil.

Reply
avatar
Anonim
admin
November 19, 2013 at 5:22 AM ×

kalo udh pake cara B tetep g bisa gimana? soalnya yg ane search itu pasti ada tanda serunya kan, nah di problem ane kaga ada, malahan tulisannya this device is working properly. bingung jadinya tp tetep ga kebaca cdnya, gak ada tulisan g kebaca juga, tp kdg2 suka ngebaca sndiri, itu kenapa yah?
biasanya kan kalo cd or dvd di masukin suka proses, nah ini gak ada proses sama sekali.

Reply
avatar
Unknown
admin
November 19, 2013 at 2:09 PM ×

@Silviana, coba bersihkan optik pada DVD-ROM dengan menggunakan cotton buds

semoga solusi ini bisa membantu...

Reply
avatar
Unknown
admin
December 31, 2013 at 8:00 PM ×

gan klw pada saat kita mw nginstal windows menggunakan dvd trs pda saat start booting pertama itu cdroom tidak terdeteksi namun kalaw sudah selesai baru bisa terdeteksi, padahal pada bios sudah saya setting start boot pertama yng dibaca itu cdroomny....... mhon sarannya gan???

Reply
avatar
Unknown
admin
January 3, 2014 at 7:31 PM ×

@Dwiki, sama2 bro...

@Puji, wah bnyk kemungkinanx knp bs sperti itu...., susah jg jawabx..., tp gpp sya coba memberikan solusix...

1. Kmugkinan DVD Installer Windowsx bermasalah, coba di burning ulang pake DVD yg bagus, ato bs jg pinjam ke teman DVD Installer yg bagus

2. Menurut pengalaman dari sekian bnyk komputer/laptop yg pernah di install ulang, sya pernah mendapati dimana komputer bersangkutan tdk menampilkan tulisan "Press any key to boot from DVD/CD....." di layar, jd solusix selama proses booting berlangsung tekan saja salah satu tombol di keyboard tanpa harus menunggu kata-kata "Press any key to boot from DVD/CD...." muncul.

Mgkn segitu saja sya bs bantu Agan...., jk blum berhasil jg bisa bertanya lg biar nnti sya coba kasih soulsi yg lainx...

Thanks

Reply
avatar
Yuriko
admin
January 8, 2014 at 10:58 PM ×

Makasih sob ya, membantu banget.... tutorial penghapusan registry saya pake berhasil 100%. test di laptop toshiba L735. saya mau ngasih tips, misal diregistrynya gak ada FILE INI : "UpperFilters" & "LowerFilters". silakan tekan contro+f lalu pastekan dan enter nanti akan nyari otomatis. pengalaman saya ini yang upperfilters yg bisa diHAPUS. kalo yang lowerfilter tidak bisa dihapus. TAPI NO PROBLEM TETAP BISA BERHASIL TANPA RESTAR LAPTOP. MAKASIH YA... :D

Reply
avatar
Unknown
admin
January 8, 2014 at 11:42 PM × This comment has been removed by the author.
avatar
Unknown
admin
January 8, 2014 at 11:48 PM ×

@Yoriko, wah seneng klo ada yg berhasil... :)

Nambahin dikit dari tips Yoriko yg sangat bagus :) :

Kombinasi tombol Ctrl + F maksudx utk mencari key dengan menggunakan mesin pencarian yg ada pada Registry Editor, namun hrs lbh teliti atau liat dulu Upperfilter / Lowerfilter milik siapa dulu dari sekian bnyk key Upperfilter / Lowerfilter yg ada dalam Registry Editor.

Dalam hal ini, Upperfilter / Lowerfilter dari CDROM lah yg perlu dihapus.

Thanks buat Yoriko dari Tipsx.

Reply
avatar
Unknown
admin
January 14, 2014 at 9:58 AM ×

Makasih bro caran Bnya berhasil, sudah saya coba!

Reply
avatar
Unknown
admin
February 16, 2014 at 12:00 AM ×

DAMN!!!! laptop gw jadi rusak gara2 ngikutin cara yg ke 2 -___-

Reply
avatar
Unknown
admin
February 18, 2014 at 10:32 AM ×

Upper filter n lowerfilter kagak adaaa didata

Reply
avatar
Unknown
admin
March 11, 2014 at 12:25 AM ×

gan,,,bagaimana law kasusnya gini,,law DVD RW saya hanya bisa baca Cd yang kapasitasnya ringan,,tapi law aset film udah g mau,,,

Reply
avatar
March 17, 2014 at 9:41 AM ×

agan tolong nech..
di laptop ku kn pakek DVD super multi..
tapi di win explore itu kebaca sebagai CD..
mohon solusinya gan...

Reply
avatar
pimean
admin
March 23, 2014 at 8:51 PM ×

gan punya saya DVD-R saja tidak boleh kebaca , yang laen boleh ...
CD+/- semua oke ,, DVD+R pun boleh , masalahnya satu .DVD-R saja...
mohon pencerahan nya ...

Reply
avatar
agung
admin
April 24, 2014 at 1:31 PM ×

Mantabbbb.. tengkyu gan udah nyelametin karir ane.. ampir2an gan..

Reply
avatar
wendy
admin
July 14, 2014 at 4:57 PM ×

Gan Help me dong Gan...

Soalnya Driver DVD saya gk terbaca...
Pada Kolom Registry nya udah gk ada yg tdi Gan suruh hpus,,,
udah coba hpus driver DVD nya lewat Device manager gk bsa jga gan

jdi Solusinya Gmna Gan Tolong bantuannya

Reply
avatar
Unknown
admin
December 2, 2014 at 6:45 PM ×

masalah saya gini ,
saat saya mau instal game ,dvdnya saya masukin, saya lihat di computernya udah ada ikonnya tapi saat saya buka langsung not responding dan tidak selesai selesai, udah saya coba berkali kali tpi hasilnya tetep

bantu gan , mohon bantuannya

Reply
avatar
Unknown
admin
December 3, 2014 at 9:44 PM ×

Waduh saya mohon maaf jika pertanyaan2 tdk bs direspon dgn cepat karna kesibukan ngurusi kerjaan..., hehehehe..., OK saya akan coba jawab satu persatu dari yg paling baru sampai yang lampau....

@AYUNG NURHUDA, ada dua kemungkinan, pertama DVD Installer Game udah mulai bad sector (mgkn terlalu banyak goresan) jadi susah dibaca. Yang kedua kemungkinan perangkat pembaca hanya bisa membaca CD aja bukan DVD.

@WENDY, Klo masalah seperti ini agak ribet, terlalu banyak kemungkinannya..., klo dijelaskan gak akan kuat ngebacax...., mungkin dilain waktu secara private di FB atau Chat Messenger aja ya....

@AGUNG, wah seneng klo ada yg berhasil..., Thumbs Up deh

@PIMEAN, Wah blum pernah nih ngalamin yg seperti ini..., ditampung dulu ya..., nanti dicarikan bahan lagi buat jawab pertanyaan yg cukup bagus ini

@FARIS BOYCUTES, Selama masih bisa membaca apapun yang agan masukin kedalamnya, itu tidak jadi masalah. Tapi jika sebaliknya nnti saya carikan solusinya...., ditampung dulu juga ya...

@IBRAHIM ZAENAL, Pengaruh usia..., lama kelamaan optik pembacanya juga semakin turun kualitasnya. Coba ganti dgn yg baru mkgn itu solusi terakhirnya.

@SYAHFITRI, Mmng di beberapa pengalaman Upper & Lower Filter itu ada, tapi di pengalaman lainnya tidak ada. Sudah coba yang pertama...?

@CHRISTA ADI NATA, Mmng tidak terlalu direkomendasikan, backup registry adalah solusinya sebelum melakukan cara tersebut..., Turut prihatin.

Reply
avatar
Unknown
admin
January 3, 2015 at 10:56 AM ×

trims gan, ternyata mudah dan cdrom ku bisa aktif lagi dengan cara B...

Reply
avatar
January 6, 2015 at 4:14 PM ×

Gan... Kalo gagal booting gimana solusinya ?
Makasih sebelumnya

Reply
avatar
Unknown
admin
January 7, 2015 at 10:57 PM ×

Gagal Booting.....?

Banyak sekali kemungkinannya klo pertanyaan yg bersifat umum seperti ini, mgkn bisa dijelaskan lagi secara spesifik.

Emang Mas @Lutfhi mau ngapain....?, nginstall ulang ya....?

Reply
avatar
Unknown
admin
January 18, 2015 at 2:48 PM ×

Gan dvd rom ane ga detect ane udah pake cara agan sama aja. Awalnya ane instal game pake dvd 1 ane mau lanjutin pake dvd 2 ga kedetect yaudah ane cancel aja installannya. Trus ane pake dvd laen juga ga detect.

Minta solusinya dong gan.

Reply
avatar
January 18, 2015 at 4:28 PM ×

nanya.... dvd laptop q jarang banget n lama uda g tak pake... padahal sebelumnya (dulu) bagus n detect kaset apapun...namun kini setiap dimasukin kaset cd/dvd, setelah di putar di dalam n tak liat lampu deket kasetnya kedip2, bis itu g lama kasetnya di keluarkan lagi... berkali2 tak masukin gitu... itu kira2 kenapa ya?.? dvd nya g tak nakalin kok... ohy, keyboard laptop pernah tak masukin rumah sakit karena selalu muncul tulisan "delete" di layar (si delet mau menghapus semuanya), setelah di bersihkan di rumah sakit keyboardnya kembali normal. hanya memang saat itu dvd nya udah muntah2 gitu, rumah sakitnya tidak termasuk dvd (krn nambah buget saat itu). minta saran dan solusinya dong, dvd laptop saya kira2 sakit apa sampai gejalanya seperti itu?.? solusi menyembuhkannya gimana (saya mau mencoba yg tanpa rumah sakit dulu biar g nambah 'pasak')? trimakasih banyak sebelumnya.

Reply
avatar
Unknown
admin
January 18, 2015 at 10:23 PM ×

@Ody Trias Saputra, menurut pengalaman ane mungkin itu disebabkan oleh DVD-ROM dipakai terlampau berat. Coba deh Laptopx direstart dan pastikan terlihat di BIOS atau coba dimatikan beberapa saat setelah itu diidupin lagi (cara ini cukup berhasil menurut pengalaman ane waktu itu).

Untuk diketahui bahwa laptop adalah merupakan suatu alat elektronik juga yang akan berurusan dengan yg namanya kelistrikan (maaf klo ane juga masih belum jago listrik, hehehehe).

Tentunya kita pernah mengenal kuat arus elektronik seperti (+5V, -5V, +12V, -12V, dll), dimana saat kita menjalankan proses baik itu baca/tulis pada DVD-ROM. disaat itu juga ada suatu rangkaian kelistrikan yg terjadi. Kemungkinan karna faktor usia atau listrik yg tidak stabil dirumah kita, yg menyebabkan DVD-ROM tidak mendapatkan pasokan daya yg tepat sehingga bekerja tidak seperti selayaknya.

==========
@lumbalumba langit, lebih kurangnya penjelasannya bisa dibaca diatas yaitu kemungkinan masalah pada kelistrikan baik pada DVD-ROM itu sendiri atau pada motherboardnya yg kurang stabil.

Semoga bisa membantu....

Reply
avatar
February 20, 2015 at 12:15 PM ×

gan UpperFilters banyak sekali lalu mana yang harus di delete.....sedangkan LowerFilters
tidak ada sama sekali.....lalu bagaimna langkah selanjut nya...mohon di bantu...


balas

Reply
avatar
Unknown
admin
February 20, 2015 at 5:30 PM ×

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}

Ikutin Path diatas, Insya Allah disetiap komputer windows akan sama....., hapus upperfilters dan lowerfilters pada Path tersebut bukan di Path selain itu, ntar bisa hang sistemnya...., hehehe

Semoga bisa membantu.

Reply
avatar
Unknown
admin
March 1, 2015 at 1:29 PM ×

Gan mau tanya heheh. Saya beli kaset film kan, ada 5 disk. Nah yg 4 disk bisa ke baca semua di laptop saya. tapi ada 1 disk yg gak kebaca, tapi pas saya coba di komputer kebaca gan. Itu kenapa ya kira-kira? Mohon bantuannya. Terimakasih :)

Reply
avatar
Unknown
admin
March 3, 2015 at 11:47 PM ×

@Adinda, Nah loh kenapa bisa begitu....?, brrti yang satux itu Troublemaker..., hahahaha

itu kasus yg aneh, bingung juga kenapa bisa begitu....?, hehehehe

Reply
avatar
Unknown
admin
March 8, 2015 at 6:27 PM ×

Gan ane baru beli dvd eksternal samsung baru, entah kenapa disk dvd ga bisa kebaca di pc ane malah muncul tulisan 'you do not have compatible VGA hardware or driver to run cyberlink media suite'...tp cd, dvd rw, vcd, bisa kebaca di pc...problemnya kenapa yah gan...kompi ane yg bermasalah/dvd eksternalnya...makasih gan...

Reply
avatar
Unknown
admin
March 10, 2015 at 10:15 PM ×

@Karenina Soeharto, Mungkin masalahx pada Player DVD tersebut yg tidak terpasang di PC, dalam hal ini dia meminta Cyberlink Media Suite.

SOLUSI : Coba DVD tersebut diputar dengan menggunakan Media Player lain, misalx saja Media Player Classic (K-Lite Player) yang biasax ada di PC...., atau bisa juga download manual software Cyberlink Media Suite itu, lalu diinstall di PC tersebut.

Semoga Berhasil

Reply
avatar
Unknown
admin
March 14, 2015 at 3:11 PM ×

ha ada pilihan upperfilters dan lowerfilters selanjutnya gimana gan? terimakasih

Reply
avatar
Hani
admin
March 22, 2015 at 11:30 AM ×

kalau dvd sudah sy masukkan, tapi file video nya tidak ada, didalamnya hanya ada file configuration set, lalu di dalam file configuration set ada tulisannya ini


[.ShellClassInfo]
LocalizedResourceName=@%SystemRoot%\system32\shell32.dll,-21815

bagaimana caranya kalu begini?

Reply
avatar
Unknown
admin
March 24, 2015 at 1:08 AM ×

@Nurhadi Ceper, pertanyaanx cukup mmbingungkan...., jika kedua registry yg bersangkutan ada dan sesuai dengan Path yg sudah dijelaskan diatas (HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318) maka dapat dilakukan penghapusan pada kedua registry tersebut.

Jika tdk tersedia mgkn DVD-Writer Anda sedang mengalami masalah yg lain yg lebih baru.

------------------------------------------------------------------

@Hani, Pastikan tidak ada file atau folder yg tersembunyi oleh sistem......, coba masukkan DVD tsb pd laptop temen dan pastikan juga DVD itu isinya apa...?, DVD Film atau DVD Data.

Jika berupa DVD Film maka kemungkinan besar mengalami masalah. Permasalahan bukan saja datang dari DVD Writer tapi bisa juga pada keping DVD itu sendiri.

Semoga bisa membantu....

Reply
avatar
Anonymous
admin
April 4, 2015 at 8:39 PM ×

gan saya mau tanya klu misalnya yang ada cuma yang UpperFilters gimana gan? Padahal seminggu yg lalu masih bisa dibuat nonton dvd tp skrg g bisa.. Minta solusi dong..

Reply
avatar
Unknown
admin
April 20, 2015 at 8:04 AM ×

gmn klo dvd roomx bunyi" saat memasukkan cd/dvd dan gk detect pula

Reply
avatar
Unknown
admin
April 27, 2015 at 10:18 AM ×

gan gimana kalo UpperFilters & LowerFilters nggak ketemu -_- ? itu udah ke hapus atau gimana tapi cd/dvd room saya belu ke detect juga :3 mohon bantuannya gan :3

Reply
avatar
Unknown
admin
May 1, 2015 at 2:02 AM ×

kok ane ikutin cara yg B gak bisa ya gan?

Reply
avatar
Unknown
admin
May 1, 2015 at 2:03 AM ×

kok ane ikutin cara yg B gak bisa ya gan?

Reply
avatar
Unknown
admin
July 7, 2015 at 10:34 AM ×

gan numpang tanya gue coba tu yang cara B tapi di pc gue kok gk ada UpperFilters" & "LowerFilters mohon pencerahan
saya mengunakan laptop comaq cq43
windows 8.1
mohon bantuaanya

Reply
avatar
July 10, 2015 at 5:41 PM ×

Menyesatkan infonya gan,,setelah file di hapus,direstrat malah jadi setartup repair sistem for problem, gimana neh?

Reply
avatar
Unknown
admin
July 14, 2015 at 12:37 PM ×

Permisi gan, saya mengalami hal yang agak berbeda. Pada device manager saya, tidak muncul tanda seru seperti gambar pertama. Tidak ada salahnya saya sedikit mengikuti petunjuk agan, untuk mengatasi problem registry untuk DVD. Saya menemukan UpperFilters, apakah saya harus menghapusnya?. Saya cek DVD-ROM saya, dan tidak dalam keadan buruk. Dan saya sudah membersihkan Optiknya. Saat di masukkan DVDR atau CDR, tidak ada tanda” apapun oleh windows explorer. Apakah virus yang membuat DVD menjadi hidden dan tidak terbaca?. Mohon petunjuk masalahnya gan, Terima kasih.

Reply
avatar
Unknown
admin
July 27, 2015 at 5:52 PM ×

ane juga salah nghapus upperfilter & skrng kompi ane kondisinya error. kebetulan kan lcd laptop ane pecah (jadi selama ini via layar external). yg jadi masalahnya ..
setau ane laptop ke layar external gk bs masuk mode kayak bios, startup repair dll. ada yg bs bantu ane gk biar ane bisa masuk mode gtu ? ane coba tekan f4, f1 tetep di layar extenal no signal. help gan..

Reply
avatar
August 5, 2015 at 1:01 PM ×

Klo gue sih gan tadi barusan pake yg Versi A...
trus berhasil... klo pake yg Versi B gue juga takut... klo error gak bisa benerinnya...

Reply
avatar
August 5, 2015 at 1:03 PM ×

Gue pake yg Versi A berhasil tuh...
abiz klo pake yg Versi B ntar pas error gue bingung cara benerinnya...
makasih...

Reply
avatar
Unknown
admin
August 11, 2015 at 9:04 PM ×

pake versi A maksudnya gimana bang? terus ini kan laptop aku kalo mau booting selalu masu startup repair, dvd installer udah tak masukkan , bios sudah disetting, tapi sudah berapa kali masih aja masuknya ke startup repair,

Reply
avatar
Unknown
admin
August 20, 2015 at 9:40 PM ×

Makasih, gan -_- laptop ane hang setelah pake cara B dari ente. Makasih banget ya, gan

Reply
avatar
September 13, 2015 at 2:53 AM ×

Halo agan semuanha....

Ane terus terang belum berani pakai cara beresiko B. Tapi player ane suka banget muntahin dvd... udah baca film mulai 3 detik... fikeluarin lagi. Malah kalau ana suruh eject pake klik kanan doi gak mau. Giliran dimasupin dvd lagi... dimuntahin juga... aduh pusing... apa ada cara anariran lainnya?

Makasih bbanyak

Reply
avatar
Unknown
admin
September 16, 2015 at 11:22 AM ×

gan minta bantu nih,,,! Dvd rom detec sebentar doang, pas waktu baru star doang ktika digunakan not respont dan langsung hilang, stiap star awal kadang ada tpi bentar hilang lg. mhn bantuanya gan!

Reply
avatar
Unknown
admin
September 17, 2015 at 9:41 AM ×

mhn bantu gan! cd rom laptop sy detec hanya pd kondisi star awal atau hanya pd suhu rendah/dingin pas mulai panas cd rom hilang tdk terdeteksi lagi..Knp ya mslhnya?

Reply
avatar
Unknown
admin
September 17, 2015 at 9:15 PM ×

Maaf akhir2 ini admin jarang online karna rutinitas pekerjaan utk memenuhi hidup sehari2..., hehe...

Oke admin akan coba membantu memberikan penjelasan utk mslh yg agan hadapi. Dunia service komputer tdk terlalu jauh dengan seorang dokter dalam mendiagnosa penyakit pasienx. Kita analogikan, masalah yg agan hadapi dgn demam (gejala umum suatu penyakit tertentu).

Jk menilai masalah agan maka ada dua kemungkinan yg bs terjadi, yaitu pertama bisa jadi masalah utamax ada pada DVD ROM itu sendiri dan yg kedua bisa juga mungkin bermasalah pada Motherboard pd laptop tersebut.

======
SOLUSI >>> Coba agan pinjam DVD ROM eksternal milik teman, jika ternyata semua berjalan baik tanpa ada kendala apapun berarti masalahx bisa saja selesai.

Namun, harap utk diperhatikan bahwa laptop/komputer adlh merupakan benda elektronis yg tentu berhubungan dgn kelistrikan, jika kelistrikan dlm media elektronis tsb terganggu maka komponen lain yg berada didalamx juga otomatis akan terganggu.

Mungkin agan bisa menarik kesimpulan dari penjelasan diatas dan semoga membantu. Terima Kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
September 17, 2015 at 9:22 PM ×

Maaf utk ketidak-nyamanan yg dialami.

Admin dlm hal ini menyampaikan informasi dari berbagai sumber, Ada beberapa yg berhasil ada pula beberapa yg gagal. Mungkin hal ini sudah Admin jelaskan pada postingan yg dibuat, bahwa admin tdk bertanggung jawab atas resiko yg dihadapi atau dengan kata lain admin tidak merekomendasikan secara penuh pada apa yg dijelaskan pada tutorial postingan ini.

Regards

Reply
avatar
Unknown
admin
September 24, 2015 at 4:34 PM ×

mhon bantuannya kak,, ini dvd rom laptop nya nge detect kasetnya, habis itu udah saya buat burning dan sukse.. habis itu saya buka lagi kok minta di burning lagi. trus saya coba buka kaset itu di laptop lain ternyata bisa ngebuka filenya dan sudah burned semua filenya. trus saya coba masukkan laptop saya lagi tapi malah diminta buat burning lagi. gimana itu kak?
padahal habis itu saya coba burning di kaset lain juga udah sukses dan bisa ngebuka file nya pakek laptop saya juga. mohon bantuannya

Reply
avatar
Unknown
admin
September 25, 2015 at 8:20 AM ×

Nge-burnx pake apa...?, Nero atau aplikasi bawaan dari windowsx....?

Klo ngeburn pake 'bawaan windows' biasax file2 yg di burn masih tersimpan dlm drive DVD-ROM dimana lokasi file2 tsb berada (misalx Drive E), yaitu berupa memory cache.

Jadi selama memory cache file2 tsb msh ada maka setiap ada Keping DVD masuk dia otomatis akan membikin perintah utk membakar.

SOLUSI
-----------

Coba bersihkan cache memory yg terletak di dlm Drive dimana DVD-ROM itu berada (biasax di drive E).

semoga membantu

Reply
avatar
Unknown
admin
October 29, 2015 at 11:43 AM ×

kak maksud kode regristrasi itu kode apa yaa ?? mohon bantuan yaa :)

Reply
avatar
Unknown
admin
October 30, 2015 at 11:38 AM ×

Utk memahami apa itu kode registry, oke saya coba bantu dgn penjelasan berikut :

Setiap Software/Hardware yang terinstall/terpasang di komputer, oleh si Operasi Sistem dibuatkanlah suatu daftar pengenal khusus dari setiap software/hardware yang teristall/terpasang tersebut.

Semakin banyak kita menginstall/memasang sesuatu maka semakin banyak pula daftar yang dibuat. Daftar yang sangat banyak itu selanjutnya disimpan kedalam program khusus yang disebut 'Registry Editor'.

Nah dari Registry Editor itulah kita bisa mencari Kode Registri dari software/hardware yang bermasalah, yang tentunya kita harus jeli untuk mencari kode registri yang tepat, agar kita tidak salah hapus yang menyebabkan komputer kita semakin parah error-nya.

========
Tambahan : Kayak kita berobat ke rumah sakit, tentunya setiap individu di buatkan nomor registrasinya (pengenal), begitu juga di dunia komputer. Jadi kita dapat memberikan obat yang tepat kepada "orang/kode registri" yang tepat pula agar komputer kita dapat bekerja sebagaimana yang kita inginkan.

Semoga membantu.
Regard

Reply
avatar
Unknown
admin
November 3, 2015 at 6:20 PM ×

Gan cd sebenarnya ke baca .ane cek properties bisa.. total size sekian, kepake sekian.. tp file didalemnya tidak kebaca gan.. kenapa ya??

Reply
avatar
Unknown
admin
November 13, 2015 at 3:08 PM ×

Gan mau tanya dvd laptop ana pertama kali masuk bisa, tiba2 pada saat saya coba lagi pencet tombol untuk buka gak bisa, trus saya tkan lubang kecil darurat bisa kebuka cuman setelah itu dvd laptop saya jadi gak mw mutar dak kebaca padahal driver manegernya saya lihat baik2 aja.
Mohon pencerahan gan
Trimakasih

Reply
avatar
December 17, 2015 at 5:26 PM ×

Alhamdulillah cara yang kedua berhasil
tapi waktu saya cobain disk yang lain , trus ada pilihan disitu . antara pilih disk yg fungsinya utk USB sama DVD player . nah sialnya saya alah pencet yg dvd player. udah kayak gtu saya coba lagi cara kedua tapi upper and lowerfilter nya malah gak ada -_- terus disk di laptop saya malah gak kebaca

kira2 harus gimana yaaa?

Reply
avatar
Unknown
admin
December 30, 2015 at 2:27 AM ×

Maaf menggangu saya juga mau tanya saat saya mau buka dvd ada keterangan application not found padahal sebelumnya masi lancar,mohon bantuannya

Reply
avatar
Unknown
admin
January 5, 2016 at 9:06 PM ×

gan,
mau tanya,
gimana setelah ane instal pakek cd eh.. ternyata pada bios cd/dvd room gak detect,
mohon bantuannya ya gan,

Reply
avatar
Unknown
admin
January 9, 2016 at 12:41 PM ×

maaf saat hnya menambah sedikit,,,

cara mengatasi kepingan CD/dvd tidak terbaca di win 7,8 10 ..

coba dgn cara ini..

this pc or my computer/ klik kanan pilih manage/device manage/cari IDE ATA/ ATAPI CONTROLLER lalu uninstall channel 1 dan channel 0 lalu restart.. dan coba masukan kepingan CD kamu..... semoga bermanfaat salam

Reply
avatar
Unknown
admin
February 28, 2016 at 1:45 PM ×

Ampuh, gan... cara B manjur banget.. baru buka regedit, dvd rom udah ada gerakan, hehe makasih gan...

Reply
avatar
Unknown
admin
March 21, 2016 at 10:04 PM ×

mas saya ngikutin cara ini touchpad sama keyboard kok gaa berfungsi lagi ,, soluusi dong maas , saya ngettik aja musti pakai on screen keyboard

Reply
avatar
Unknown
admin
April 6, 2016 at 10:41 PM ×

Gan gue udah cobak carake 2 work tapi pas gue mau instal kaset game pes 2016 kok filenya kosong udah ganti kaset 2x

Reply
avatar
Unknown
admin
April 7, 2016 at 3:57 PM ×

Mau tanya, td sy pakai cara ke2. Tapi upperfilters sm lowerfiltersnya gaada. Trs sy pakai saran dr salah satu commenter, kalo dicari pake ctl+f. Trs upperfilternya keluar dan langsung sy hapus. Trs sy restart, tapi waktu nyala itu kyk error gimanaa gitu. Gabisa start windows secara normal. Solusinya gimana ya?

Reply
avatar
Unknown
admin
April 7, 2016 at 4:04 PM ×

Mau tanya, td sy pakai cara ke2. Tapi upperfilters sm lowerfiltersnya gaada. Trs sy pakai saran dr salah satu commenter, kalo dicari pake ctl+f. Trs upperfilternya keluar dan langsung sy hapus. Trs sy restart, tapi waktu nyala itu kyk error gimanaa gitu. Gabisa start windows secara normal. Solusinya gimana ya?

Reply
avatar
Unknown
admin
April 17, 2016 at 5:01 PM ×

Gan saya mau nanya ,setelah saya pake cara ke 2 trus abis itu saya restar laptop kok malah touchpad laptop saya ga bisa gerak sama sekali gan

Reply
avatar
Unknown
admin
May 21, 2016 at 9:57 PM ×

gan ini mau tanya. cd driver saya itu masih bisa detection CD driver nya tapi gak mau baca cdnya itu gimana ya?

Reply
avatar
May 25, 2016 at 2:24 PM ×

terima kasih admin angkasa tujuh...................................... it's works 100%. alhamdulillah gak jadi keluar uang untuk service atau beli cd room external. untung nyasar ke blok ini. cara A dan B di atas sudah kucoba tapi tidak menyelesaikan masalah, untungnya ada yang senasib degan saya dan admin kasih saran untuk bongkar dan akhirnya saya dapat semangat dari kalimat admin dan eng ing eeeengggg... bener kata admin, setelah kubongkar ternyata hanya kendor bautnya antara cd room dan connectornya. setelah ku kencengin alhamdulillah sehat lagi CD room ku. Terima kasih banyak comdiot.blogspot.co.id. terima kasih admin. :)

Reply
avatar
May 25, 2016 at 2:31 PM ×

Terima kasih admin angkasa tujuh...................................... it's works 100%. alhamdulillah gak jadi keluar uang untuk service atau beli cd room external. untung nyasar ke blok ini. cara A dan B di atas sudah kucoba tapi tidak menyelesaikan masalah, untungnya ada yang senasib degan saya dan admin kasih saran untuk bongkar dan akhirnya saya dapat semangat dari kalimat admin dan eng ing eeeengggg... bener kata admin, setelah kubongkar ternyata hanya kendor bautnya antara cd room dan connectornya. setelah ku kencengin alhamdulillah sehat lagi CD room ku. Terima kasih banyak comdiot.blogspot.co.id. terima kasih admin. :)

Mungkin ada teman-teman yang senasib dengan laptop saya semoga bisa terbantu. Tanda-tandanya kalau CD dimasukkan lampu indikator di CD ROOM berkedip kedip sebentar setelah itu mati dan tidak bisa membaca CD/DVD seakan-akan CD/DVD tidak berputar. Tidak ada getaran.

Sekali lagi terima kasih admin. I really thank a lot to you. :)

Reply
avatar
Unknown
admin
May 31, 2016 at 9:52 AM ×

Maaf saya mau nanya nih.. maklumpengguna bar jadi gak ngerti.. klw nyetel kaset di laptop timbulnya di lindungi oleh COPP it kenapa yah ? Maksdnya apa ?

Reply
avatar
Unknown
admin
June 3, 2016 at 7:24 PM ×

kalo laptopnya cuma bisa msk bios ( ga ada OS ) pas di pasang cd ga kebaca solusinya gimana?

Reply
avatar
June 26, 2016 at 1:18 PM ×

Mau tanya donk. Sy coba msukin DVD A, trus gak kebaca. Sy masukin DVD B, kebaca. Sy pikir si DVD A yg masalah, tp ternyata gak, krna sy coba ke DVD room lain, bisa2 aja. Itu solusinya gimana? Tolong dijawab 😬

Reply
avatar
Unknown
admin
July 22, 2016 at 11:23 PM ×

Gan maaf ni mw tanya ane terlalu nekat karna dah stres liat leptopny.. .ane apus smua upper an lowerny wktu ane restart minta startup gmn gan solusiny duh pening thks sblmny gan

Reply
avatar
Unknown
admin
July 23, 2016 at 9:06 PM ×

Jika memungkinkan memang kita butuh yg namax teliti dan hati2, Upper dan Lower Filters itu sangat banyak sekali bukan hanya ada satu atau dua saja. Apalagi cuma mengandalkan kotak pencarian (Find) bisa2 apa yg ditemukan bukan file yg dimaskud.

Mgkn agan keliru menghapus Upper Lower Filters yg bukan milik DVD tapi mungkin milik harddisk atau yg lainnya yg menyebabkan system hang.

SOLUSI
======

- Jika memungkinkan pilih menu restore atau recovery system.
- Jika tidak bisa, dengan sangat terpaksa agan perlu untuk Reinstall Windows / System-nya. (Jangan lupa Backup Data)

Reply
avatar
August 20, 2016 at 9:07 PM ×

Koko..aku udah coba cara yang B
Tapi kok masih ngak kebaca sii..?
Dvd'a masih ngak bisa d bka..masii harus pkai alat..
Kasih solusi lain dong...?

Reply
avatar
Unknown
admin
August 27, 2016 at 9:45 PM ×

Pakai alat...???, hmmmm mksdx apa ya..?

Jk DVD gk bisa dibuka tapi selalu menggunakan jarum atau peniti utk membukax brrti itu kerusakan ada pada hardware DVD-ROMx.

SOLUSI :
---------

1. Ganti DVD-ROM baru
2. Bawa ke tempat service yg ahli di bagian hardware secara mendalam

Semoga bermanfaat dan tips diatas hanya langkah awal sebelum benar2 membawanya ke tempat sevice.

Reply
avatar
sidik
admin
September 8, 2016 at 6:35 AM ×

Ralat gan
klo kuang lengkap penjelasannya nanti malah yang ada justru ang dihapus reg buat detect KB/MS

############################################################################
1.Arahkan ke registry key : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class. Gambar-1.
2.Ekspan folder Class, tampil daftar sub key yang panjang, dimana setiap sub key terdiri dari 32-digit. Setiap sub-key ini berhubungan dengan satu type hardware yang ada di Device Manager.
3.Klik satu sub-key yang berhungan dengan device hardware yang mengalami error code. Contoh, mengalami error Code 39 pada device DVD-drive. Sub-key (GUID) untuk DVD-drive adalah : 4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318. Temukan sub-key/GUID ini, lalu klik untuk membukanya. Gambar-2. Daftar GUID Device Class ini mungkin akan mempermudah dalam mencari sub-key GUID.
4.Lihat kolom sebelah kanan, temukan value UpperFilters dan LowerFilters.
----Jika kedua filter tsb tidak ada berarti cara ini tidak bisa digunakan. Pastikan dahulu bahwa sudah berada pada tempat yang benar. Kalau memang benar tidak ditemukan, tutup Registry Editor.
----Jika hanya terdapat satu filters saja, lanjutkan ke langkah berikutnya.
5.Klik kanan UpperFilters, klik Delete. Pada box konfirmasi klik Yes.
Klik kanan LowerFilters, klik Delete. Pada box konfirmasi klik Yes.
6.Kemungkinan ada value UpperFilters.bak dan LowerFilters.bak (ekstensi *.bak), keduanya tidak perlu dihapus, karena bukan merupakan penyebab error code.
7.Tutup Registry Editor (regedit), lalu Restart komputer.
8.Periksa dalam Device Status, apakah error code sudah teratasi dengan cara diatas. Gambar-4. Jika tidak ada masalah lagi, akan ditandai dengan teks "This device is working properly". Jika belum teratasi, maka harus digunakan cara yang lain.

Reply
avatar
September 21, 2016 at 1:03 AM ×

gan saya kan mau mindah file ke cd-rom kosng, di device manager udah kedetksi tapi di disk management gak terdeteksi, terus pas saya buka hard disk driver nya gak bisa. malah muncul tulisan klo windows gak bisa membaca format cd-rom saya yg kosong sehingga harus di format lagi. solusinya gimana ya gan ?
uda saya coba pake cd-rom yang ada isinya fine2 aja kok, sebenernya yang bermasalah apanya gan ?

Reply
avatar
Unknown
admin
November 17, 2016 at 4:57 PM ×

Cara pertama langsung work gan. Niceee

Reply
avatar
November 26, 2016 at 2:35 PM ×

ane pake Win10 file filterlower gk ada, tapi ada file yg keterangan Dvd ane hapus trus restart dan Alhamdulillah work. 😃

Reply
avatar
Unknown
admin
December 12, 2016 at 9:09 PM ×

Gan saya punya masalah. dvd kedektesinya lama banget bahkan malah mungkin gak terdeteksi. Gimana solusinya ya gan

Reply
avatar
Unknown
admin
December 12, 2016 at 9:12 PM ×

Gan saya punya masalah. dvd kedektesinya lama banget bahkan malah mungkin gak terdeteksi. Gimana solusinya ya gan

Reply
avatar
Unknown
admin
December 14, 2016 at 7:49 AM ×

Nice mantepss gann.. DVD-ROM ane jadi bisa lagi pake cara yang B, pertamanya upperfilters&lowerfilters tuh ga ada trus ane coba find pake ctrl+f ehh ketemu langsung delete n restart.. jeng jeng jeng jeng.. dvdnya bisa lagi.. wkwkw tenkyuu gannn😊😊😊

Reply
avatar
Unknown
admin
January 15, 2017 at 9:27 PM ×

Bagi yang ga nemu upperxxx sm lowerxxx di file 4d36e965 bla bla.. maka cari di file 4d36e967.. sy dpet file ny disana 😊

Reply
avatar
Unknown
admin
January 30, 2017 at 12:45 AM ×

Gan ko laptop saya malah jadi error pas direstart malah gabisa idup malah ngerepair terus pas ngikutin cara ke 2, gimanasolusinya gan

Reply
avatar
February 26, 2017 at 1:56 PM ×

Makasih gan 😊 sumpah ngebantu banget ini blog.

Reply
avatar
Unknown
admin
March 24, 2017 at 9:07 PM ×

Gan , kan laptop ane mau di instal game terus awalnya kebaca ga lama kemudian ga kebaca , udh restart berulang ulang gitu mulu, awal doang kebaca udh lama ga kebaca , kan instal game lama jadi keputus di tengah jalan

Reply
avatar
Unknown
admin
April 28, 2017 at 8:36 PM ×

mas saya binta bantuannya ya
dvd eksternal saya tidak terdeteksi di laptop, bagaimana caranya biar terdeteksi lagi?
saya sudah mencoba cara yang ke2 tpi tetap tidak bisa

Reply
avatar
Unknown
admin
June 8, 2017 at 10:01 PM ×

Kak. kalau di file yg kakak sebutkan tdi gk ada upperfiltersnya tpi yg ada cma lowersfilters aja. boleh gk dihpus?

Reply
avatar
July 9, 2017 at 9:03 AM ×

Sy coba cara ke 2 ternyata malah laptop eror. Windows ga bs dibuka, kyknya hrs instal ulang... 😭😭

Reply
avatar
July 9, 2017 at 9:04 AM ×

Sy coba cara ke 2 ternyata malah laptop eror. Windows ga bs dibuka, kyknya hrs instal ulang... 😭😭

Reply
avatar
Unknown
admin
October 9, 2017 at 4:43 PM ×

Kak gimana ya cara yng B? Aku ga paham sama sekali ini :(. Laptopku toshiba satelit, ada yg mau bantu?

Reply
avatar
Abii H
admin
December 31, 2017 at 3:25 PM ×

Laptop aku pake cara yg kedua malah error

Reply
avatar
Anonymous
admin
April 26, 2018 at 12:15 AM ×

Setelah langkah B, ko laptop sy malah jadi starup repair terus.....ga ngebuka2.

Malah laptop jadi ga bisa dibuka....kacau ini. Sedangkan berkas penting disitu semua....

Reply
avatar
Anonymous
admin
April 26, 2018 at 12:18 AM ×

Sama.....jancok.

Reply
avatar
February 17, 2019 at 5:33 PM ×

Mau tanya kak kenapa saat mau instal windows pakai cd maupun usb, setelah booting dan setelah menampilkan starting windows (welcome) cuma muncul panah mouse dan layar blackscreen?

Reply
avatar
Thanks for your comment