Membuat Artikel Blog Rata Kanan Kiri

Lagi-lagi artikel ini ditujukan bagi Blogger pemula. Sebagai pemula tentunya banyak hal yang perlu kita explore untuk mengoptimalkan blog yang kita kelola. Pada pembahasan kali ini kita akan mengetahui bagaimana cara membuat paragraf pada artikel yang kita ketik otomatis menjadi Rata Kanan & Rata Kiri. Sehingga tampilan teks akan menjadi labih rapi dan terlihat professional. :D

Saat kita telah mempublikasikan sebuah artikel maka tampilan default dari paragraf pada setiap artikel adalah Rata Kiri. Bagi yang perfectionist mungkin Rata Kiri terlihat berantakan sekali, sehingga mereka ingin menampilkan tampilan paragraf yang lebih rapi yaitu Rata Kanan & Rata Kiri.

Disini kita akan mengungkap rahasia agar setiap artikel yang kita ingin publikasikan langsung otomatis menjadi Rata Kanan & Kiri, dengan kata lain kita gak perlu capek-capek lagi memblok setiap kalimat trus memilih tool pada word editor pada blog sebagai Justify. Walaupun pada saat kita bekerja di Word Editor tersebut kita menggunakan paragraf Rata Kiri.

Image 1: Alignment Tool

Oke langsung aja buka Perancang Template Blogger untuk memasukkkan code CSS singkat dengan text berwarna merah dibawah ini (bagi yang belum tau lihat postingan cara membuka bagan Perancang Template Blogger, Klik Disini).  Yups kita bertemu kembali dengan bahasa pemrograman web yaitu CSS (Cascading Style Sheet). Sebagai tambahan, kita harus teliti bahwa tanda titik ( . ), tanda titik-koma ( ; ), dan titik dua ( : ), sangat berpengaruh. Jadi jangan sampai ketinggalan mengetikkan tanda baca tersebut, pokoknya ikuti aja sesuai contoh dibawah ini.

.post-body.entry-content {
   text-align: justify;
}

Mengapa penulis memberi arahan ke Perancang Template Blogger...?, padahal ada cara lain untuk mengetikkan code CSS diatas yaitu pada pengaturan EDIT HTML, alasan penulis bahwa pada menu EDIT HTML dikhususkan pada orang yang memang sudah mumpuni atau advanced dibidang tersebut. Bagi pemula harus lebih hati-hati karna jika salah sedikit saja dalam mengedit bagan EDIT HTML maka dapat dipastikan blog akan mengalami error.

Image 2: Blogger Template Configuration

Oke dilanjut, jika setelah mengetikkan code CSS diatas maka jangan lupa menekan tombol Terapkan Ke Blog untuk memfungsikan perubahan yang kita inginkan. Lihat apa yang terjadi...?, paragraf pada artikel kita akan serta merta menjadi Rata Kanan & Kiri, bahkan ini juga akan berfungsi pada semua artikel "prasejarah" kita yang pernah kita publikasikan sebelumnya. Hahahahaha...

Demikian semoga bermanfaat dan jika kurang jelas bisa langsung lihat ke sumber artikel. Disana ada penjelasan untuk yang mau mencoba mengetikkan CSS secara advanced (EDIT HTML).

Thanks for your comment