Mengenal Google Adsense

Pay Per Click
Apa itu google adsense...?, mungkin bagi yang sudah jago dalam dunia maya khusunya para pembuat website atau pemilik blog istilah itu tidaklah asing. Namun istilah ini bisa saja terdengar asing bagi sebagian orang, bahkan mungkin ada sebagian orang yang mungkin saja kesehariannya lebih banyak dihabiskan untuk berinternet ria yang masih saja belum tau apa itu Google Adsense. Sadar atau tidak sadar mereka mungkin pernah melihatnya hampir disetiap website atau blog yang mereka kunjungi.

Google Adsense adalah sebuah program PPC (Pay Per Click) atau PTC (Pay To Click). Program ini berhubungan erat dengan iklan-iklan yang terpajang hampir disetiap website/blog teratas. Dengan kata lain Google Adsense adalah merupakan moderator layanan pemasangan iklan.

Mungkin banyak layanan pemasang iklan lainnya namun nama besar dari Google sebagai mesin pencari terdepan saat ini cukup berpengaruh untuk menarik perhatian para pemilik website/blog dalam menggunakan Google Adsense. Para pemilik website/blog baru pun mungkin akan berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka untuk mendapatkan akun layanan iklan dari Google ini.

Cara kerja dari Google Adsense ini sangatlah sederhana jika dilihat dari nama konsep programnya yaitu Pay Per Click. Jadi pemilik website/blog akan mendapatkan bayaran dari google secara berkala dengan periode yang telah ditentukan sebelumnya, apabila salah satu iklan yang dipajang di klik oleh pengunjung. Untungnya sekarang menurut kabar yang didapatkan bahwa Google Adsense sudah support pada website/blog yang berbasis Bahasa Indonesia. Tentunya Tim Google terlebih dahulu akan menganalisa sejauh mana website/blog kita berada pada keputusan pantas untuk mendapatkan iklan.

Mungkin bayaran yang kita terima pada awalnya tidaklah seberapa namun dengan terpajangnya iklan dari Google Adsense ini adalah merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kita, ini selangkah lebih maju bahwa website/blog kita dianggap sudah mumpuni dimata Google, diluar sadar atau tidak sadarnya pengunjung.

Semakin banyak pengunjung maka akan semakin banyak pula peluang iklan yang terpajang akan diklik. Iklan di dunia maya sebetulnya unik dan berbeda dari iklan pada media-media lain yang lebih populer seperti televisi. Jika di televisi bayaran akan diberikan pada korporat maka iklan di internet akan dibayarkan bahkan pada mereka yang individual sekalipun (yang memiliki potensi).

Makanya mulai sekarang tingkatkan mutu website/blog kita agar bisa mendapatkan approve dari Google Adsense. Satu hal dari semua itu yang terpenting adalah jangan mengharapkan seberapa besar kita mendapatkan bayaran tapi seberapa kita bisa menikmati dalam membangun media publikasi kita dan mencerdaskan para pembaca kita.
Thanks for your comment