Cara Masuk Ke Perancang Template CSS Blogger

Tutorial sederhana ini akan menerangkan bagaimana cara untuk masuk ke Perancang Template CSS pada Blogger. Di bagian inilah nanti kita bisa mengetikkan code CSS yang ingin ditambahkan. Bagi yang sudah tau cara membuka bagian Perancang Template CSS, dipersilahkan untuk melewatkan artikel ini. Artikel ini hanya diperuntukkan bagi yang masih bingung dan belum mengetahui caranya. Hehehe...

Untuk mengingatkan kembali bahwa code CSS (Cascading Style Sheet) adalah sebuah bahasa pemrograman web yang digunakan untuk mempercantik tampilan dari sebuah blog/website. Arti lebih dalamnya, CSS adalah sekumpulan code-code yang berurutan dan saling berhubungan untuk mengatur format/tampilan suatu halaman HTML dan merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.

Oke langsung aja ke cara pertama daripada kebanyakan penjelasan ntar jadi membosankan :

1. Cara yang pertama pada mode administrator (User Login), klik logo Blogger seperti Image 1 dibawah ini

Image 1: Blogger Bar
Click on the Image to Zoom In


2. Trus pada halaman pengaturan Blogger yang terbuka ini (Image 2), klik menu drop down yang bersembunyi pada panah kecil persis disamping tombol Lihat Blog. Beberapa menu pengaturan akan tampil dan klik-lah pada menu Template (Perhatikan image 2 lagi).

Image 2: Blogger Configuration Menu
Click on the Image to Zoom In

3. Setelah itu klik tombol Sesuaikan yang biasanya berwarna Orange, seperti terlihat pada Image 3 dibawah ini

Image 3: Blogger Configuration Window
Click on the Image to Zoom In

4. Maka akan terbuka halaman yang berisi banyak sekali pengaturan tingkat lanjut. Penulis tidak akan menerangkan satu persatu fungsi dari semua pengaturan itu karna tidak akan cukup dijelaskan disini. Mari dilanjut dengan memperhatikan Image 4 dibawah, dibagian ini klik-lah pada opsi Tingkat Lanjut terus gulirlah sub-option menu sampai kebagian paling bawah, hingga menemukan Tambahkan CSS. Klik pada sub-option Tambahkan CSS itu dan segera akan menampilkan jendela disebelah kanannya. Dibagian jendela berwarna putih itulah kita bisa menambahkan Code CSS yang kita inginkan.

Image 4: CSS Blogger Template Configuration
Click on the Image to Zoom In

5. Pada bagian terakhir inilah sebetulnya yang paling penting dan jangan sampai terlewatkan yaitu menekan tombol Terapkan Ke Blog. Tanpa menekan tombol konfirmasi ini maka seberapapun panjangnya code yang kita ketikkan gak akan bisa berfungsi sama sekali. Trust to me...!, Hahahaha.

Image 5: Confirmation Button
Click on the Image to Zoom In

Udah sekian penjelasan pada artikel sederhana ini, semoga bisa bermanfaat bagi para Blogger Pemula. Padahal ngomong-ngomong penulis sendiri pun merupakan Blogger Pemula. Kabuuuuuuuurrrr....!
Thanks for your comment