Cara Membuka File Gif Di Windows 7

File Gif atau bisa juga kita katakan sebagai file animasi adalah sebuah format file yang didesain khusus untuk menyimpan sebuah gambar yang bergerak, mungkin seperti itulah deskripsi sederhananya.

Mungkin beberapa dari kita pengguna Windows 7 merasa kebingungan saat ingin membuka file berformat Gif tersebut. Mengapa saat file di double click, gambar yang terbuka hanya diam saja...?, tidak seperti pada saat kita membukanya di Windows XP, yang mana gambar tersebut bisa beranimasi dengan baik.

Oke kita gak perlu kuatir dengan masalah seperti ini karna masih bisa diatasi dengan menginstall program kecil yang bernama Windows 7 Gif Viewer. Dengan program inilah nanti kita akan bisa membuka kembali koleksi file animasi kita yang kebanyakan berformat (.gif).

Klik Disini untuk mendownload Windows 7 Gif Viewer yang hanya berukuran sekitar 2 Mb saja, tidak akan memberatkan kapasitas komputer kita tentunya. Haha. Setelah itu install dikomputer biar programnya bisa dijalankan. Masa cuma mau difermentasiin aja...?

Untuk cara setting dari program tersebut bisa dilihat pada langkah-langkah dibawah ini :

Image 1: rundll32
  1. Langkah pertama install-lah dahulu aplikasi Windows 7 Gif Viewer.exe tersebut.
  2. Terus cari folder tempat dimana hasil install-nya berada, biasanya di folder system C:\rundll32 (cukup mudah untuk menemukannya kok).
  3. Klik kanan pada file itu ( rundll32 ) trus klik Properties hingga terbuka jendela warning, klik yes aja untuk melanjutkan hingga muncul jendela seperti gambar diatas.
  4. Pada tab Compatibility, kasih centang pada box “Run this program in compatibility mode for”, trus pilih “Windows XP (Service Pack 3)” pada menu scroll down seperti gambar diatas. Jangan lupa untuk menekan tombol OK.
  5. Nah setelah itu cari deh file-file GIF kesayangan kita dari koleksi picutres library yang kita punyai, klik kanan pada salah satu file GIF yang mana saja terserah trus klik “Open With > Choose Default Programs”
  6. Di jendela yang muncul seperti gambar dibawah ini pilih “Windows 7 Gif Viewer” sebagai Default Program-nya, klo gak terlihat didaftar tinggal kita cari aja di “Browse Button”, mungkin untuk opsi browse kita semua tau gimana cara menggunakannya. Lagi-lagi jangan lupa menekan tombol OK untuk perubahan yang dilakukan.
  7. Selesai dah prosesnya, tuh liat file GIF kita bergerak-gerak sesuai harapan kita kan. Lucu kan...?
Image 2: Choose Default Program

Semoga bermanfaat dan sebagai tambahan, pada setiap kali kita menutup program Windows Image Viewer yang sudah terintegrasi dengan Windows 7 Gif Viewer tadi, maka jika kita akan melakukan double click pada file gif selalu akan timbul jendela peringatan. Abaikan saja jendela peringatan itu dengan menekan tombol Yes karna itu bagian dari security Windows 7 saja.
Thanks for your comment