Mengatur Durasi Ballon Tips Pada Windows XP

Image 1: Ballon Tips Notification
Artikel ini ada hubungannya dengan salah satu trik untuk mempercepat kinerja komputer yang menggunakan Windows XP yaitu dengan 'Mempersingkat Durasi Tampilan Ballon Tips". Kok Windows XP...?, oke menurut penulis mungkin diluar sana banyak orang yang masih fanatik dengan OS yang satu ini.

Ini pembahasannya, kalian pasti pernah mengalami ketika sedang asyik-asyiknya bekerja tiba-tiba terdengar bunyi 'beep' yang diikuti munculnya sebuah ballon tips pada pojok kanan bawah monitor dan perhatian kita yang sedang bekerja akan beralih ke ballon tips tersebut. Keberadaan ballon tips ini menandakan telah terjadi sesuatu di dalam system operasi PC.

Ballon tips biasanya mengonfirmasikan untuk melakukan up-date windows, tetapi bukan itu saja. Ballon tips juga memberikan informasi penting lainnya seperti :

1. Kapasitas harddisk yang semakin menipis.

2. Peringatan memasang firewall.

3. Kekuatan daya baterai notebook melemah.

4. Penghapusan beberapa ikon yang tidak terlalu sering digunakan.

5. Sinyal Wifi melemah atau menguat. Dan informasi lainnya.

Sebetulnya ballon tips ini sangat berguna untuk memantau system windows XP baik dari sisi keamanannya maupun kestabilan kerjanya. Sehingga mau tidak mau kalian harus menyertakan ballon tips pada system operasi windows XP kalian, namun karena durasi kemunculannya sekitar 6-14 detik, ini kerap mengganggu konsentrasi apalagi dengan intensitas kemunculannya cukup sering. Untuk mensiasati ballon tips agar tidak terlalu mengganggu, kalian bisa melakukan pengaturan registry.

Cara untuk melakukan pengaturan registry yaitu :

1. Masuk ke jendela { registry editor } dengan cara menuliskan [ regedit ] pada kotak dialog [ run ].

2. Kemudian pilih { HKEY_CURENT_USER } ---> { SOFTWARE } ---> {Microsft } ---> {Windows } ---> { Curent Version } ---> { Explorer } ---> { Tray Notify }.

3. Kemudian double klik { BalloonTip }

4. Ubah value data menjadi { 0000000a } dalam base hexadecimal.

5. Kemudian klik { OK } dan restart komputer.

Image 2: Registry TrayNotify


Caranya hanya seperti itu dan setelah kalian modifikasi maka tinggal lihat hasilnya. Tambahan dari penulis yaitu untuk Windows 7 akan dicarikan dikemudian hari trik untuk mengatur Ballon Tips-nya, karna pada saat dipraktekin cara diatas ada bagian dari registry di Windows 7 ( Tray Icon ) tidak terlihat. Mungkin telah menggunakan istilah lain.

Original Source : haris-widodo.blogspot.com
Thanks for your comment