Mengganti Email Admin Blogger

Posisi Admin pada sebuah blog sangatlah penting. Berada di posisi ini seseorang dapat dengan leluasa melakukan beberapa atau bahkan hampir semua hal pada suatu blog yang dikelolanya.

Kegiatan seperti membuat artikel, menghapus komentar, mengubah tampilan atau pengaturan lainnya adalah sebagian dari gambaran tugas seorang admin, yang mana hal-hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh orang biasa yang bukan berkedudukan sebagai admin.

Namun terkadang dalam dunia ini kita mungkin pernah menyaksikan atau mengalami yang namanya pengalihan tugas (pendelegasian), serah terima jabatan, pengganti kepemilikan dari suatu barang atau lainnya. Begitupun dalam dunia blogger, kepemilikan dari sebuah blog dapat dengan mudah dialihkan dari satu orang ke orang lain, dari satu orang ke orang yang sama tapi berlainan email, baik dengan alasan keamanan, kesibukan, ketidaksanggupan, kekurangan space kuota memory atau bisa juga oleh karna bisnis dengan menjual blog yang dimiliki kepada orang lain.

Nah..., dalam artikel kali ini penulis akan mencoba menjelaskan secara mudah bagaimana caranya agar email dari suatu blog (dalam hal ini Blogger) dapat diganti dengan email yang baru, yang bertujuan agar blog tersebut dapat dengan mudah dialihkan kepemilikannya kepada admin baru, tentu dengan persetujuan oleh admin yang lama.

Alat Tempur :
=============
1. Dua internet browser (Mozilla Firefox, Chrome, Opera, dll), terserah mau pakai yang mana. Hal ini dilakukan agar kita dapat dengan mudah membuka dua akun gmail secara bersamaan.

2. Tentunya adalah sebuah email pengganti (yang sudah didaftarkan dan dikonfirmasi sebelumnya) dari email yang saat ini sudah anda gunakan. Dalam artikel ini penulis akan mencontohkan dengan dua buah email yaitu EMAIL_LAMA@gmail.com dan EMAIL_BARU@gmail.com

Proses :
========
A. Langkah Pertama
  1. Buka browser Mozilla Firefox lalu login di www.blogger.com dengan akun email lama kita.
  2. Setelah berada di dashboard blog yang dimaksud, carilah menu 'Setting' > 'Basic'.
  3. Lalu gulir kebawah hingga menemukan 'Permission/Blog Authors'. Klik pada '+Add Authors' yang akan menampilkan sebuah box isian. Ketik email baru (EMAIL_BARU@gmail.com) dibox isian tersebut.
  4. Untuk mengkonfirmasi perubahan jangan lupa klik tombol warna orange 'Invite Authors'. Sebelumnya pastikan email baru yang kita ketik sudah tepat.

Dashboard Basic Setting


B. Langkah Kedua
  1. Buka internet browser kedua yang berbeda dari yang pertama kita gunakan (Chrome, Opera, dll).
  2. Lalu tujulah alamat www.gmail.com dan login menggunakan alamat email baru kita. Di kotak masuk carilah pemberitahuan dari Blogger yang berisi tentang perintah konfirmasi.
  3. Klik tombol link konfirmasi tersebut sebagai tanda setuju bahwa yang memiliki akun baru tersebut bersedia untuk dijadikan sebagai salah satu penulis di blog yang dimaksud.
  4. Ada beberapa tahapan konfirmasi yang perlu kita setujui pada tahap ini. Ikuti saja hingga kita berhasil Sign In dan melihat tampilan dashboard blog tersebut. Dimana menu untuk menulis sebuah artikel aktif (tersedia).

Email Invitation

 C. Langkah Ketiga
  1. Kembalilah pada internet browser pertama, refresh halaman dashboard yang tadi kita tinggalkan sejenak saat beralih browser.
  2. Lalu perhatikan kembali pada menu 'Setting/Basic' > 'Permission', maka disana sekarang sudah terdapat dua buah email pengguna yaitu EMAIL_LAMA@gmail.com dan EMAIL_BARU@gmail.com. Namun dengan posisi atau status yang berbeda, akun email lama menempati posisi sebagai 'Admin' sementara akun email baru menempati posisi sebagai 'Authors'.
  3. Pada tahap ini mungkin kita sudah mulai mengerti tentang privilege tersebut. Yups...., kita tinggal mengubah privilege yang ada.
  4. Tentukan jabatan/status dari kedua email tersebut. Atur sebagai berikut, yang akan menempati posisi baru sebagai 'Admin' yaitu EMAIL_BARU@gmail.com, sementara email lama secara otomatis akan berada pada posisi 'Authors'.
Privilege Reserved

 D. Langkah Keempat
  1. Pada tahap ini kita hanya memastikan apakah langkah demi langkah yang kita sudah lalui berjalan dengan berhasil atau tidak.
  2. Buka kembali internet browser yang kedua, refresh halaman dashboard dihadapan kita.
  3. Setelah itu perhatikan lagi menu 'Setting/Basic' > 'Permission'. Jika berhasil maka email baru (EMAIL_BARU@gmail.com) sekarang sudah menempasti posisi sebagai 'Admin'.
  4. Sementara untuk email lama (EMAIL_LAMA@gmail.com) kita bisa menentukan dua hal, yaitu pertama tetap menjadikannya sebagai 'Authors' dengan fungsi terbatas atau kedua kita menghapusnya tuntas dengan menekan tanda silang kali (X) yang terletak di bagian kanan email tersebut.
  5. Sebagai tambahan, jika kita menghapus tuntas 'email lama' maka akun email itu sudah tidak bisa lagi digunakan untuk mengakses blog yang dimaksud, kecuali kita meng-invite ulang melalui email baru.
  6. Jika sudah beres, keluarlah dari kedua akun tersebut masing-masing dari kedua browser yang terbuka (Log Out).
  7. Tutuplah kedua browser yang digunakan.

E. Langkah Final

Supaya lebih yakin apakah kita berhasil atau tidak, cobalah Sign In kembali pada blog yang dimaksud dengan menggunakan 'email baru'. Jika berhasil maka tentunya kita akan melihat dashboard blogger atau berhasil sign in dengan sempurna, sementara jika sign in dengan 'email lama' kita sudah tidak bisa mengaksesnya lagi (dengan catatan jika kita menghapus 'email lama' tersebut dari posisinya yang beralih ke 'Authors'. Jika tetap di posisi 'Authors' maka masih bisa mengakses namun dengan fungsi yang terbatas).

Demikian tutorial Mengganti Email Admin Blogger ini dibuat, semoga bermanfaat bagi yang ingin menggunakannya. Terima Kasih.

1 komentar :

Click here for komentar
Anonymous
admin
March 13, 2022 at 2:28 PM ×

Mengganti Email Admin Blogger
~
Computer Idiot >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Mengganti Email Admin Blogger
~
Computer Idiot >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Mengganti Email Admin Blogger
~
Computer Idiot >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment