Google Sandbox Dan Cara Mengatasinya

Google Sandbox
Google sandbox bagi sebagian orang awam mungkin tidak terdengar sebuah hal yang perlu diperhatikan atau bahkan hanya dianggap sebagai angin lalu saja, namun bagi para admin sebuah blog atau website tertentu, hal ini sangat diperhatikan secara khusus karena akan berkaitan erat sekali hubungannnya dengan Page Ranking dari sebuah artikel blog/website tersebut.

Sementara Page Ranking sebuah artikel di 'hutan rimba internet google' adalah suatu kemungkinan yang akan menampilkan artikel tersebut pada urutan teratas/halaman pertama google, jika seseorang ingin mencari suatu informasi yang dia inginkan dengan mengetik sebuah keyword dalam mesin pencarian. Dengan berada diurutan pertama pencarian, secara otomatis blog/website tersebut kemungkian besarnya akan mendapatkan kunjungan dari pemirsa dengan prosentase 95%.

Lalu apa itu Google Sandbox...?, Google Sandbox sederhanaya ialah suatu tempat yang akan memenjarakan sementara suatu artikel yang dianggap keberadannya keluar jalur atau melakukan pelanggaran. Sandbox sama halnya seperti 'pasir hisap' yang akan menenggelamkan sesuatu ke dasar permukaannya hingga sesuatu itu hilang atau tidak terlihat. Sangat mengerikan sekali bagi sebagian blogger yang menulis sesuatu tapi tulisan itu hanya berada pada jurang gelap yang sekalipun tidak akan dilihat walau kenyataannya tulisan itu ada.

Penyebab artikel yang terkena Sandbox cukup beragam karena kita berhadapan dengan robot mesin pencarian otomatis yang cukup "kejam" ini dengan peraturannya sendiri, diantaranya adalah :
  1. Kebanyakan melakukan Copy Paste dari website lain yang tidak menyertakan link sumber dimana artikel itu didapatkan.
  2. Optimasi SEO yang terlalu berlebihan sehingga dianggap sebagai spam oleh Google.
  3. Terlalu banyak backlink yang tidak alami.
  4. Pengulangan kata yang terlalu banyak didalam artikel.
  5. Banyak melakukan ping otomatis.
  6. Terlalu banyak keyword yang dibuat.
Dengan mengetahui faktor penyebab terkena Sandbox, maka kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar kita dapat keluar dari 'penjara pasir' Google tersebut, yaitu :
  1. Hentikan sementara proses optimalisasi SEO website anda.
  2. Tinjau kembali artikel yang terkena Sandbox, jika perlu edit dengan menambah atau mengurangi di beberapa bagiannya.
  3. Buatlah sebuah 'artikel penyelamat' yang berisi link beberapa artikel yang terkena sandbox dan alasannya.
Demikian dan semoga artikel ini bisa membantu kita untuk keluar dari karantina 'pasir hisap' dalam hitungan jam atau beberapa hari saja. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.

1 komentar :

Click here for komentar
July 23, 2018 at 10:50 AM ×

Oh jadi cara kerja Sandbox itu hanya ngehide article atau konten berbahaya tapi sifatnya sementara y? Kalo konten nya dah di hapus maka sandbox akan mengeluarkan kembali artike tsb. Benar?

Congrats bro GROSIR KAOS POLOS you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment