Nonaktifkan Autoplay Video Facebook

Pernahkah akhir-akhir ini para pengunjung Facebook mendapatkan sebuah notifikasi/pemberitahuan yang menyatakan bahwa setiap video yang terdapat di dinding Facebook akan diputar secara otomatis setiap kali kita mengulir halaman dan menemukan video-video tersebut, baik itu berasal dari diri kita sendiri, milik teman maupun dari sebuah iklan layanan.

Menurut penulis pengaturan Autoplay Video ini adalah pengaturan default yang sedikit dipaksakan oleh pihak Facebook.

Pemutaran video secara otomatis setiap kali kita menemukan video-video tersebut memang cukup memudahkan kita, alih-alih harus menekan tombol play setiap kali ingin menonton. Namun pengaturan ini punya banyak sekali kekurangannya. Sebut saja seperti berikut :

  1. Saat memutar sebuah video tentunya hal itu akan menguras bandwidth atau kuota internet yang kita miliki. Semakin banyak video yang diputar akan semakin lambat kecepatan internet kita dan semakin cepat kuota internet kita ditarik olehnya.
  2. Video yang ada di Facebook dapat bersumber dari mana saja. Jika video itu berasal dari sumber yang baik dan berisi hal-hal positif mungkin tidaklah mengapa untuk dinikmati, tapi jika video itu berasal dari sumber yang kurang baik dengan konten video yang tidak layak dinikmati oleh khalayak umum maka itu adalah sebuah perkara bagi kita semua.
Jika konten video yang bermuatan negatif itu tidak sengaja terputar ditempat-tempat umum saat kita asik menggunakan Facebook dan saat itu juga mungkin kita sedang berada pada mode loudspeaker maka pengalaman itu mungkin merupakan pengalaman yang sangat buruk yang pernah kita alami sepanjang hidup kita. :D Atau jika konten itu terputar saat anak-anak kita sedang menggunakan gadget yang kita punyai dengan/tanpa sepengetahuan kita, tentu ini sangatlah merusak moral dan mental anak-anak kita.

Tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak sekarang sudah mulai terbawa untuk menikmati arus laju modernisasi dan bahkan mereka mungkin lebih paham dari kita dalam mengakses apapun yang ada di dalam gadget dan dunia internet.

Nah jika semua keresahan diatas mengusik benak kita akhir-akhir ini, maka dalam artikel ini penulis akan membagikan sebuah tutorial pendek tentang bagaimana mengubah pengatruan Autoplay Video di Facebook sehingga berubah ke mode Off.

Adapun langkah-langkahnya sangatlah mudah, yaitu sebagai berikut :

  • Login / masuklah ke dalam akun Facebook kita.
  • Carilah menu pengaturan yang terletak dipojok kanan atas, dengan mengklik dropdown menu >> lalu cari menu 'Settings'.

Facebook Dropdown Menu
  • Setelah itu dalam jendela pengaturan carilah menu berikutnya yaitu 'Videos' yang terletak di sidebar bagian kiri paling bawah dari menu yang tersedia.

Facebook Videos Setting
  • Jika sudah ketemu perhatikan pada bagian 'Auto-Play Videos' disana terdapat tombol untuk mengatur perubahan mode, terdapat tiga pilihan mode (Default, On dan Off). Pilihlah atau ubahlah pengaturan itu ke mode Off agar setiap video di Facebook tidak terputar otomatis saat kita menemukannya.
  • Dan selesai, pengaturan ini sekaligus mengamankan kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan seperti penjelasan penulis diatas.
Sekian semoga bermanfaat untuk kemaslahatan kita semua. Terima kasih.

Salam
Computer Idiot
Thanks for your comment