Mengenal Browser Lain Part 1

Tentunya kita tau bahwa persaingan didunia browser cukup pesat sekarang ini, para vendor berlomba-lomba merebut sebanyak mungkin hati pengguna pada produk yang mereka bangun. Tak henti2nya mereka memamerkan keunggulan dari produk mereka tersebut, sebut saja fitur kecepatan saat browsing atau fitur keamanan saat berselancar didunia maya, dan beberapa fitur keunggulan lainnya.

Di masa sekarang ada beberapa browser unggulan atau yang paling sering dipakai oleh para pengguna. Sebut saja Mozilla Firefox yang mungkin bisa dikatakan menempati urutan pertama dari seluruh software browser yang ada. Lainnya seperti Google Chrome, Internet Explorer, Opera Web Browser; merupakan browser yang juga namanya cukup dikenal dikalangan pengguna saat ini.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa Web Browser lain yang juga sempat dan pernah dibuat namun namanya tidak cukup dikenal…?, nah diartikel kali ini penulis ingin memperkenalkan daftar browser yang mungkin saja para pengguna tidak pernah mendengar sebelumnya. Karna ada begitu banyaknya browser diluar sana maka yang dibahas disini adalah garis besarnya saja, jika membahas secara mendetail maka akan sangat panjang sekali. Apa atau siapa sajakah mereka?, mari langsung saja kita perkenalkan browser dimulai dengan yang satu ini:


CometBird Logo
1. CometBird

Kalau dilihat sepintas Browser satu ini mengingatkan kita pada Mozilla Firefox versi tujuh atau delapan jika tidak salah karna penulis sedikit lupa. Mengapa bisa sama…?, jawabannya adalah source code yang dipakai untuk membangun CometBird adalah berasal dari source code yang sama pada pembuatan Mozilla Firefox.

Perbedaannya hanya pada logo yg dibuat khusus untuk CometBird dan pada tampilan awal saat browser dibuka atau dijalankan. Jika merujuk situs resmi mereka disana disebutkan jika Cometbird dibatasi pada addons yang lebih diselektif. Semua itu pastilah ada sedikit perbedaannya, gak mungkin mengadopsi keseluruhan dari Mozilla Firefox dalam hal interface.



PaleMoon Logo
2. Pale Moon

Pale moon versi 15.2.1 yang menurut penulis terbaru akan sama dengan tampilan Mozilla Firefox versi 16.0.2, yang  membedakan hanya pada menu button yg digunakan Pale Moon adalah berwarna biru.

Browser yang penulis dapatkan dalam bentuk Portable ini adalah buatan individual bernama Mr. M.C.Straver dengan open source code yang masih sama berbasis pada Firefox Browser.

Sesuai namanya, bulan adalah menjadi logo dari Browser yang terlihat cukup atraktif dengan beberapa button link yang bisa kita klik saat kita menjalankan Browser ini pertama kali. Button link yang disajikan cukup banyak dan beragam dari website-website populer yang sering di akses.


SeaMonkey Logo
3. SeaMonkey

Nama yang dipakai cukup lucu dan jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia maka berarti Monyet Laut. Cukup menarik memberikan nama seperti itu dari sekian banyak browser yang beredar.

Browser yg dikembangkan oleh The Seamonkey Council ini masih merupakan saudara dari Mozilla Firefox, sayang penulis tidak pernah menguji browser ini seperti dua browser yang telah diperkenalkan diatas, ini dikarenakan untuk menghemat space dari memory RAM yang dipakai jadi diputuskan hanya melihat screenshoot browser ini dari situs resminya, tanpa perlu menginstallnya terlebih dahulu di komputer.


4. Netscape

NetScape Logo

Netscape dikenal sekitar tahun 1990-an yang merupakan browser terlaris pada era tersebut. Bahkan browser ini mendahului dari kemunculan Internet Explorer yang dibesut oleh tim Microsoft Corporation.

Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat kode sumber terbukanya setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah peramban web yang merupakan gagasan bagi peramban Mozilla Firefox.


 

Avant Browser Logo
5. Avant Browser

Programmer pembuat browser ini ternyata berasal dari kawasan Asia tepatnya China yang bernama Anderson Che. Browser yang berpenampilan hampir sama dengan Internet Explorer ini hingga kini masih terus dikembangkan, bahkan ada sebuah versi Avant Browser Ultimate yang merupakan gabungan dari rendering engine dari tiga browser sekaligus. Yakni gabungan dr IE, Firefox dan Chrome rendering engines.

Mungkin cukup seperti itu deskripsi dari Avant Browser ini karna penulis masih mengumpulkan beberapa data dengan cermat, jadi lain kali akan ditambah atau akan dikupas dengan judul khusus di artikel yang lain.


Comodo Dragon Logo
6. Comodo Dragon

Ini salah satu Browser yang menggunakan nama yang mengadopsi dari nama hewan langka asal Indonesia yaitu Komodo. Dilihat dari logo yang mereka buat kita bisa melihat itu adalah sebuah tatapan ciri khas hewan reptil.

To be continued…, :D
Thanks for your comment