Cermat Memilih Windows 8

Windows 8
Anda yang hendak migrasi dari Windows 7, Vista atau XP ke Windows 8 mungkin saja bingung menjatuhkan pilihan dari tiga versi sistem operasi yang baru saja diluncurkan Microsoft, yakni Windows 8, Windows 8 Pro, atau Windows RT. Jika saat ini Anda menggunakan Windows 7 Professional atau Ultimate, Anda akan perlu upgrade ke Windows 8 Pro.

Fitur Windows 8 dan Windows 8 Pro sebenarnya nyaris sama, termasuk Windows Desktop, Start Screen baru, seluruh fitur sentuh, dan kemampuan meng-install software tradisional dan aplikasi dari Windows 8. Namun, Windows 8 Pro memiliki fitur tambahan untuk kalangan pebisnis, seperti BitLocker drive encryption, file encryption, client-side Hyper-V, kemampuan untuk bergabung dengan Windows Server Domain, dan menjadi host Remote Desktop.

Jika Anda seorang pebisnis yang kerap menyimpan data rahasia perusahaan di laptop, sebaiknya memilih Windows 8 Pro. Seperti disebutkan dalam tips sebelum beralih ke Windows 8, Anda perlu memperhatikan spesifikasi minimum perangkat Anda seperti berikut:


  • Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster
  • RAM: 1 gigabyte (GB) (32-bit) or 2 GB (64-bit)
  • Hard disk space: 16 GB (32-bit) or 20 GB (64-bit)
  • Graphics card: Microsoft DirectX 9 graphics device or higher
  • To use touch, you need a tablet or monitor that supports multitouch
  • To access Windows Store and to download and run apps, you need an active Internet connection and a screen resolution of at least 1024 x 768
  • To snap apps, you need a screen resolution of at least 1366 x 768
Adapun Windows RT adalah Windows 8 versi lebih sederhana yang didesain untuk prosesor ARM.

Sebelum peluncuran Windows 8 pada 26 Oktober lalu, Microsoft sudah terlebih dahulu meluncurkan tablet Surface RT. Penggunaan Windows RT akan menambah usia baterai perangkat Anda, namun penting dicatat, dengan sistem operasi ini Anda tak akan bisa menjalankan program lama Anda. Anda hanya bisa menggunakan aplikasi dari Windows Store, dan aplikasi yang dirancang untuk antarmuka baru, bukan aplikasi desktop. Windows RT sudah sepaket dengan Office Word, PowerPoint dan Excel.

Beberapa analis sempat menyampaikan kritik peluncuran Windows RT akan membingungkan konsumen. Sebagai jawabannya, Microsoft secara khusus melatih karyawan mereka untuk menjelaskan perbedaan antara Windows 8 dan Windows RT. Microsoft juga membuatkan grafik perbedaan Windows 8 dan Windows RT. Berikut ringkasannya:

  1. Prosesor 1 GHz atau lebih.
  2. RAM 1 GB untuk 32-bit atau 2 GB untuk 64-bit.
  3. Hard drive 16 GB untuk 32-bit atau 20 GB untuk 64-bit.
  4. Sebuah kartu grafis yang mendukung Microsoft DirectX 9 atau lebih tinggi.
Kemungkinan besar memang akan ada beberapa fitur yang tidak berjalan seperti dukungan terhadap layar sentuh yang di usung oleh Windows 8 ini. Karena membutuhkan spesifikasi komputer tertentu yang membutuhkan monitor dengan fasilitas layar sentuh yang telah disebutkan sebelumnya.
 
Saat ini, Sistem operasi Windows 8 ini hanya dapat dinikmati oleh kalangan terbatas karena masih versi beta. Bagi anda yang telah mencoba rilis terbaru sistem operasi besutan Microsoft ini. Apakah komentar anda mengenai Windows 8 yang juga mulai masuk ke pasar Tablet ini?
  • Windows RT hanya bisa dipakai di perangkat dengan prosesor ARM
  • Windows RT memiliko mode desktop, tapi terbatas pada software yang sudah pre-installed seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Office terbaru.
  • Baik program lama atau baru yang dirancang untuk x86/x64 tidak bisa dijalankan di Windows RT.
Beberapa perangkat yang menggunakan Windows RT selain Surface, antara lain: Dell XPS 10 Tablet hybrid, Lenovo IdeaPad Yoga 11, Samsung Ativ Tab. Jika ingin mencobanya, Anda bisa langsung membeli perangkat tersebut karena harganya relatif murah dibanding pernagkat yang menggunakan Windows 8 atau Windows 8 Pro.

Source: ciungtips.blogspot.com
Thanks for your comment