Mengenali Virus Adobe Flash Player

Flash Hacker
Virus Adobe. Begitulah Penulis menyebutnya secara umum karna ada beragam versi istilah diluar sana untuk mengenali virus jenis ini. Ada yang menyebutnya sebagai Virus Adobe Reader dan ada pula yang menyebutnya dengan nama Virus Adobe Flash Player.

Mungkin nama sebenarnya dari virus ini adalah Trojan.Ransomware yang menyebabkan semua file yang berekstensi .exe akan berubah menjadi aplikasi Adobe jika di double click (menurut beberapa versi korban). Cukup mudah mengenali jika komputer kita terserang virus jenis ini yaitu semua shortcut yang tampil didesktop akan berubah menjadi Icon Adobe.

Virus berusaha menjangkiti komputer kita dengan cara menyamar menjadi sebuah link palsu yang menyuruh kita untuk mendownload versi terbaru dari Adobe Flash Player.

Malangnya komputer salah seorang teman pernah mengalami kejadian seperti ini. Ceritanya begini, pada saat itu dia ingin membuka sebuah aplikasi edit foto di Facebook yang bernama Pixlr yang mungkin kita semua tau bahwa kebanyakan aplikasi di Facebook dibuat berbasiskan Flash Player untuk bisa membuka atau menjalankannya. Kebetulan pada saat yang bersamaan komputer teman itu baru saja diinstall ulang. Bisa ditebak bahwa aplikasi Facebook yang bernama Pixlr itu tidak bisa dibuka karna di komputernya belum terinstall program Flash Player, sehingga aplikasi Pixlr menyarankan untuk mengklik sebuah link download Adobe Flash Player versi terbaru.

Mungkin teman penulis saat itu lagi malas untuk mendownload Adobe Flash Player dari situs resminya, dia hanya mengikuti saja dengan mengklik sebuah link yang diberikan oleh aplikasi edit foto di Facebook tersebut. Setelah mengikuti serangkaian prosedur penginstallan program Adobe Flash Player palsu yang berhasil menyamar itu, akhirnya semua shortcut didesktop milik teman berubah menjadi Icon Adobe dan semua aplikasi yang sempat dia install seperti browser gak bisa dibuka lagi dengan semestinya. Kasian sekali baru saja komputernya diinstall ulang udah diserang virus lagi.

Cukup segitu cerita dari pengalaman teman yang bisa kita jadikan pelajaran bahwa kita gak boleh sembarangan untuk mengklik link dari sumber yang tidak jelas. Jika ingin  mendownload suatu software diinternet maka lebih baik langsung ke situs resmi pembuat program yang bersangkutan. Walaupun sejujurnya penulis juga jarang sekali pergi ke situs resmi jika mau mendownload suatu aplikasi :D, tapi khusus untuk Adobe Flash Player sebaiknya kita download langsung dari situs resminya karna bisa saja link download Adobe Flash Player yang diberikan pihak ketiga sudah dibajak oleh para hacker. Disini kita juga tidak bisa menyalahkan aplikasi yang berasal dari Facebook tadi, mungkin saja pada awalnya link tersebut berfungsi dengan benar tapi karna seiring waktu para penjahat dunia maya telah berhasil menyusup ke link tersebut. Sehingga kita diarahkan ke sebuah halaman situs palsu yang telah dibuat oleh penjahat dunia maya tersebut untuk menyuntikkan virus yang telah mereka buat.

Ya ampun pembahasannya panjang lebar sekali terus gimana cara memperbaiki komputer kita jika terserang virus ini...?, hahahaha penulis akan membahasnya di artikel lain, pada artikel ini hanya sebagai pengenalan dari virus tersebut dan hanya ingin menambah wawasan darimana asal virus itu, dalam hal ini berasal dari link download palsu. Salah satu alasan lain adalah cara untuk mengatasi virus seperti ini cukup beragam, makanya penulis akan membahasnya di artikel khusus. Klik Disini.

Sedikit cuplikan cara membasmi virus ini (ada juga yg mengatakan bukanlah virus, memang sungguh membingungkan informasinya bahkan buat penulis sendiri) yaitu dengan cara menguninstall Adobe Reader yang terpasang dikomputer kita. Dengan cara ini cukup ampuh namun ada satu kelemahannya yaitu jika kita menginstall kembali program Adobe Reader tersebut maka masalahnya kembali lagi. Bagi orang-orang yang fanatik dengan produk Adobe maka cara ini sangatlah merugikan bagi mereka. Bagi yang tidak fanatik mungkin akan menginstall program pembaca PDF lain yaitu FoxitReader. Begitulah nama FoxitReader menjadi sebuah pilihan alternatif dari kebanyakan pembahasan seputar virus ini di internet.

Yang jadi pertanyaannya mengapa pada awalnya kita hanya ingin memperbaharui program Adobe Flash Player, malah untuk mengatasi virus ini kita harus menguninstall produk Adobe Reader...?. Padahal kedua program ini berbeda fungsinya walau masih dalam satu developer. Yang satu berfungsi untuk menjalankan software online yang berbasis Flash (content yang mengandung Flash) dan yang satu lagi fungsinya untuk membuka file PDF. Disini penulis mencium bahwa produk Adobe dibenci oleh seseorang sehingga produk Adobe secara tidak langsung akan disingkirkan dari komputer-komputer yang terjangkiti. Karna masalah tadi yaitu virus akan kembali lagi jika kita menginstall kembali Adobe Reader.

Sebagai tambahan bahwa jika komputer kita terjangkiti virus ini maka Adobe Flash Player kita pun gak akan berfungsi dengan semestinya.Walaupun kita sudah meng-uninstall Adobe Reader, karna virus yang dikatakan bukan virus ini telah mengubah registry komputer kita. Biarpun ratusan kali kita berusaha install dan uninstall maka hasilnya tetaplah sama, ujung-ujungnya Adobe Reader hilang dan Adobe Flash Player tidak berfungsi. Satu cara yang jitu menurut penulis yaitu install ulang saja OS Windows dan usahakan download Adobe Flash Player dari situs resminya.
Previous
This is the oldest page

2 komentar

Click here for komentar
Thanks for your comment