Cara menambahkan Path JDK Ke System Properties

Sebelumnya artikel ini bernaung pada judul Cara Compile Dan Run File Java Menggunakan Command Prompt, tetapi karna pembahasannya ternyata sangat panjang akhirnya terpaksa dipisah dan dibuatkan judul tersendiri.

Judul yang diberikan sekarang yaitu Cara Menambahkan Path JDK Ke System Properties. JDK atau Java Development Kit adalah sebuah software yang digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi berbasis Java. Tanpa JDK kita tidak akan bisa membuat berbagai macam aplikasi Java.

Bagi yang belum punya JDK bisa langsung download disitus resminya secara gratis, asli pokoknya..., hahahaha..., klik link dibawah ini dan sesuaikan dengan OS yang kita miliki pada pilihan download yang diberikan pada situs Oracle tersebut :

JDK + NetBeans (Rekomendasi supaya komplit)
JDK Only (Jika yang sudah punya NetBeans)

Wah malah disuguhin link download, oke mari kita simak langkah-langkah memasukkan Path JDK ke system properties komputer berikut ini:

1. Cara pertama yaitu klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties. Pada jendela yang muncul klik Advanced System Settings yang berada di menu bagian kiri (Windows 7).

Image 1: Advanced System Settings

2. Trus pada jendela yang muncul berikutnya pada posisi di tab Advanced, klik tombol Environment Variables. (Lihat Image 2 dibawah ini)

Image 2: System Properties

3. Lagi-lagi pada jendela berikutnya atau pada Environment Variables, perhatikan kolom bagian atas atau bagian User Variables For. Jika tidak terlihat Variables PATH maka kita perlu membuatnya dengan klik tombol New.

Image 3: Environment Variables

4. Pada jendela keempat yang terbuka (huuuffttt membosankan sekali dengan jendela-jendela ini, haha), isilah dua buah kolom yang disediakan. Variable Name isi dengan kata PATH, dan untuk Variable Value isi dengan lokasi folder dimana hasil dari install-an JDK berada yang biasanya terletak pada folder C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_09\bin. Lihat image 4 dibawah ini supaya lebih jelas, trus jangan lupa ketik tanda baca titik koma ( ; ) jika kita sudah mengisi kolom Variable Value.

Image 4: New User Variable

Sebagai tambahan untuk mengisi kolom Variable Value yaitu sesuaikan dengan versi JDK yang kita punya, kalau dalam contoh maka versinya adalah jdk1.7.0_09. Setelah mengisi dua buah kolom tersebut maka jangan lupa menekan tombol OK sampai semua jendela yang terbuka sebelumnya juga ikut tertutup.

Demikian artikel ini dibuat untuk menunjang tutorial pada judul artikel lain. Selamat belajar...

Reference : ffaaddiillaahh.wordpress.com
Thanks for your comment