Cara Install .NET Framework 3.5 Pada Windows 8

Bagi yang merasa kesulitan karna sudah berulang-ulang kali pengen menginstall aplikasi .NET Framework 3.5 di Windows 8 namun gagal, maka artikel kali ini mungkin akan dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut. Dimana .NET Framework cukup berguna untuk menunjang beberapa aplikasi lain yang "kecanduan" akan dirinya.

Langsung aja masukkan DVD Installer Windows 8 kedalam DVD-ROM sobat, lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya dibawah ini:

1. Di File Explorer klik pada Drive DVD-ROM agar kita bisa melihat seluruh file yang ada didalam Windows 8 Installer tersebut.

Image 1: DVD-ROM Drive


2. Lalu bukalah folder Sources dan copy folder sxs yang ada didalamnya, dan paste ke Drive C.

Image 2: sxs Folder


3. Selanjutnya bukalah Command Prompt dengan cara menekan tombol kombinasi Windows Logo + Q dan ketik cmd, klik kanan pada pilihan yang muncul dan Run as Administrator.

4. Lalu ketikkan perintah berikut pada Command Prompt

dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:c:\sxs /LimitAccess {ENTER}

5. Tunggu sampai proses berjalan hingga selesai 100% dan .NET Framework pun dapat digunakan sebagaimana yang kita harapkan.

Semoga bermanfaat dan jangan sungkan tinggalkan komentar bagi yang merasa masih kesulitan dengan tutorial diatas. Penulis akan sangat senang membantu.

Notes: Tujuan mengcopy-paste folder sxs ke drive C:\ adalah agar dalam penginstallan .NET yg dimaksud dapat berjalan lebih cepat karena aktivitas membaca data pada harddidsk lebih cepat dibanding membaca data pada DVD. Tentunya cara diatas adalah salah satu cara dari sekian banyak cara dalam penginstallan atau pengaktifan .NET Framework 3.5 pada Windows 8.
Thanks for your comment