Compile Dan Run File Java Menggunakan Command Prompt

Kali ini kita akan membahas tentang bahasa pemrograman di dunia Java. Pembahasannya sangat sederhana yaitu tentang cara Compile dan Run file Java dengan menggunakan Command Prompt. Pada bingung kan, kenapa juga kudu pakai Command Prompt...?, padahal pada umumnya kita sering menggunakan NetBeans atau JCreator.

Oke gak usah pada bingung dan bertanya-tanya, bukankah akan lebih menyenangkan dan menambah sedikit wawasan jika kita bisa Compile dan Run file Java dengan cara yang tidak biasanya...?. Namun perlu diperhatikan beberapa hal sebelum memulai praktek dalam artikel ini, yaitu :

  • Kita harus punya software yang bernama Java Development Kit (JDK) terlebih dahulu ter-install pada komputer/laptop.
  • Hal terpenting yang kedua yaitu memastikan kalau Path JDK sudah diset ke dalam Environment Variables pada komputer/laptop. Bagi yang belum tau bisa baca disini cara menambahkan Path JDK tersebut.
  • Yang ketiga kita harus paham terlebih dahulu tentang gimana cara melihat suatu file dengan menggunakan Command Prompt. Baca disini jika belum mengerti caranya.

Jika sudah memenuhi tiga syarat diatas maka tutorial di artikel kali ini akan lebih mudah untuk dipraktekin.

Baiklah kita mulai saja dengan bahasa Java yang paling mudah. Ceritanya kan disini cuma dijelaskan cara untuk Compile dan Run file java menggunakan Command Prompt. Kalau untuk bahasa Java yang lebih rumit lagi, akan dibahas dikemudian hari setelah penulis mahir benar menggunakan bahasa Java itu. Hehehe..., Oke copy paste code Java dibawah ini di Notepad, lalu simpan dengan nama ComputerIdiot.java (harus menggunakan nama dan ekstensi ini ya, karna sudah peraturan dari Java Convention). Simpanlah file tersebut pada folder yang mudah dicari, misalnya di Drive System C di dalam folder Document :

public class ComputerIdiot {
    public static void main (String[] args) {
        System.out.println ("Computer Idiot");
    }
}


Setelah tersimpan maka bukalah Command Prompt lalu ikuti langkah-langkah berikut :

A. Kita tadi kan sudah membikin sebuah file bernama ComputerIdiot.java. Nah untuk meng-compile file itu maka kita akan menggunakan perintah seperti ini, ketik javac ComputerIdiot.java lalu Enter pada Command Prompt, dengan catatan kita sudah aktif pada folder dimana kita menyimpan file java yang kita buat tadi. Inilah alasan mengapa penulis memberikan syarat agar terlebih dahulu menguasai tentang Cara Melihat File Menggunakan Command Prompt.

Dalam gambar 1 dibawah ini, penulis menyimpan file java yang telah dibuat di C:\Users\NamaPengguna\Documents\Sample Code>. Dengan kata lain penulis menyimpannya didalam folder Sample Code, gunakan perintah Dir untuk melihat isi folder dan perintah Cd untuk aktif pada folder yang dimaksud. Gambar 1 dibawah ini juga menunjukkan kalau proses Compile berhasil.

Image 1: Compile Success

B. Bagaimana jika ada error...?, lihat deh gambar 2, ini berarti proses Compile gagal dan kita disuruh memperbaiki pada baris mana kita telah membuat kesalahan pada saat mengetikkan Code Java. Mudah kok karna kita akan ditunjukkan baris error-nya, kalau dalam gambar penulis membuat kesalahan pada baris Java 3.

Image 2: Compile Failed

C. Nah cara ketiga ini kita akan melakukan proses test Run pada file Java yang sudah berhasil di compile. Memang akan hanya ditampilkan dua buah kata sederhana setelah kita enter yaitu Computer Idiot, tetapi itulah tandanya kita sukses belajar sedikit ilmu Java. Hehe...

Bagaimana caranya...?, sangat mudah tinggal ketik perintah java ComputerIdiot lalu Enter pada Command Prompt. Ingat harus aktif pada folder tempat kita menyimpan file yang dimaksud. Dalam contoh gambar 3 penulis aktif pada C:\Users\NamaPengguna\Documents\Sample Code>.

Image 3: Java Run

Semoga pembahasan yang agak ruwet ini bermanfaat bagi kita semua. Amieeeennn....!

Source: safirsyifa.wordpress.com

1 komentar :

Click here for komentar
Admin
admin
April 23, 2014 at 2:45 PM ×

Thanks a lot :)

Congrats bro Admin you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment