Tampilan Default Setup File Windows 7 Professional

Akhir-akhir ini sebagian orang mungkin pernah mendengar tentang bagaimana cara menginstall ulang Operasi Sistem dengan menggunakan media Flash Disk (Khususnya Windows 7). Atau bahkan sebagian orang malah lebih suka menggunakan cara alternatif ini dengan mulai meninggalkan cara lama yang kita sebut saja konvensional dengan media keping CD/DVD.

Penggunaan baik dengan media CD/DVD atau Flash Disk ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti semua hal didunia ini yang tentunya selalu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Saat kita ingin menginstall ulang sebuah Notebook, Flash Disk adalah pilihan tepat jika secara kebetulan kita tidak memiliki CD/DVD ROM External. Dimana kita semua tau bahwa umumnya Notebook tidak memiliki media pembaca keping CD/DVD secara onboard.

Namun ketika kita sudah membuat sebuah Flash Disk Bootable, terkadang kita masih sering terbawa "nafsu" ingin menggunakan sisa space pada Flash Disk tersebut untuk menyimpan beberapa data pekerjaan kita atau sekedar untuk mentransfer lagu favorit terbaru dari komputer teman. Tentu hal ini sungguh beresiko dengan terhapusnya baik sengaja maupun tidak disengaja beberapa file penting dari setup operasi sistem tersebut, yang berdampak pada gagalnya proses instalasi Windows sehingga kita harus mengulang dengan membuat Flash Disk Bootable sekali lagi yang cukup memakan waktu kita yang berharga.

Di bahasan kali ini, penulis hanya ingin menampilkan secara default apa saja file-file yang terdapat pada Setup Windows 7 yang bootable, yang bisa digunakan untuk menginstall ulang komputer atau laptop yang sedang hang.

Nah..., berikut disajikan sebuah gambar yang menampilkan isi dari Setup Windows 7 Professional yang dibilang dalam kondisi baik. Jika kita tidak menemukan salah satu dari file seperti digambar, maka dapat dipastikan kita akan gagal menginstall ulang Windows 7 tersebut.


Tampilan Default Setup Windows 7 Professional


Tujuannya hanya sebagai pengingat atau patokan penulis sendiri yang sedang gandrung menggunakan media Flash Disk untuk reinstall komputer teman yang error. Semoga bermanfaat dan jika ingin mengetahui aplikasi untuk membuat Flash Disk Bootable, penulis dalam hal ini menjatuhkan pilihan pada aplikasi bernama unetbootin yang terbilang cukup mudah digunakan. Sementara PowerISO digunakan untuk mengarsipkan file setup operasi sistem agar berubah ke ekstensi ( .iso ).

Sekali lagi semoga bermanfaat....
Thanks for your comment